Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

11 Orang Dinyatakan Positif Covid-19 di Batang

Rabu 13 May 2020 15:34 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Sebanyak 11 orang dinyatakan positif terpapar virus corona jenis baru (Covid-19) di Batang. Ilustrasi.

Sebanyak 11 orang dinyatakan positif terpapar virus corona jenis baru (Covid-19) di Batang. Ilustrasi.

Foto: Republika/Abdan Syakura
11 orang yang dinyatakan positif Covid-19 termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG)

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG - Sebanyak 11 orang dinyatakan positif terpapar virus corona jenis baru (Covid-19) di Batang. Mereka terdiri dari tujuh orang tenaga medis dan empat peserta ijtima ulama Gowa, Sulawesi Selatan.

"Hasil swab tes yang keluar, dinyatakan ada 11 orang yang dinyatakan positif Covid-19. Mereka termasuk orang tanpa gejala (OTG) dan saat ini sedang menjalani isolasi," kata Bupati Batang Wihaji di Batang, Jawa Tengah, Rabu.

Baca Juga

Ia mengatakan 11 orang tersebut sebenarnya bukan kasus baru karena berdasar hasil uji cepat atau rapid test, mereka sebelumnya sudah dinyatakan positif Covid-19. Namun, kata dia, untuk memastikan apakah orang tersebut positif atau negatif terpapar Covid-19 maka mereka menjalani uji cepat terlebih dahulu.

"Saat ini, kami masih menunggu hasil swab tenaga medis lainnya yang belum keluar. Ada 24 orang tenaga medis rumah sakit swasta yang dilakukan swab, tujuh di antaranya sudah positif," katanya.

Menurut dia, para tenaga medis yang sudah dinyatakan positif Covid-19 kini menjalani karantina di rumah sakit. "Sebanyak tujuh orang tenaga medis ini adalah tiga orang warga Kabupaten Batang dan empat lainnya warga Kabupaten Pekalongan dan Kendal," jelas Wihaji.

Sedangkan empat peserta ijtima ulama sempat menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Namun, setelah hasil swab dinyatakan positif Covid-19, mereka dijemput petugas untuk menjalani karantina dan perawatan di RSUD Batang.

"Setelah keluar hasil swab, maka selanjutnya kita akan melakukan tracking terhadap orang-orang di sekitarnya, termasuk pihak keluarga," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA