Rabu 13 May 2020 11:50 WIB

Facebook Hapus Instagram Lite, Siapkan Versi Baru

Instagram Lite yang sudah tidak tersedia lagi di Google Play tak hadir di Indonesia.

Instagram. Facebook akan kembali mengembangkan Instagram Lite versi terbaru, namun belum diketahui kapan aplikasi itu akan tersedia.
Foto: EPA
Instagram. Facebook akan kembali mengembangkan Instagram Lite versi terbaru, namun belum diketahui kapan aplikasi itu akan tersedia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Facebook Inc baru-baru ini menutup Instagram Lite. Aplikasi Instagram versi ringan tersebut menghilang dari Google Play sejak pertengahan April lalu.

Laman Android Police menjadi pihak yang pertama menyadari hal tersebut. Mereka mendapati bahwa Instagram Lite tidak ada di Google Play di tempat mereka beroperasi, antara lain di Filipina, Peru, Kenya, dan Meksiko.

Baca Juga

Pengguna Instagram Lite diarahkan ke aplikasi Instagram versi penuh melalui sebuah pesan yang menyatakan "Instagram Lite tidak lagi didukung". Laman TechCrunch mengonfirmasi hal ini kepada Facebook dan perusahaan menyatakan bahwa mereka memang menarik aplikasi tersebut.

"Kami menarik aplikasi Instagram Lite. Anda bisa mulai menggunakan Instagram versi terbaru untuk terhubung dengan orang-orang dan hal-hal yang Anda sukai," kata Facebook.

Instagram Lite hadir dengan kapasitas yang ringan, hanya sekitar 573 KB, muncul sejak 2018 lalu menargetkan negara-negara berkembang. Namun, aplikasi tersebut tidak tersedia di Indonesia.

Aplikasi tersebut hanya memiliki beberapa fungsi utama dibandingkan versi reguler, antara lain mengunggah foto, Stories, dan membuka laman Explore. Instagram Lite tidak bisa digunakan untuk mengunggah video atau memberi pesan pribadi DM.

Pengguna terbesar Instagram Lite berada di Meksiko. Menurut data Sensor Tower yang dikutip TechCrunch, aplikasi tersebut diunduh 4,4 juta kali, senilai 62 persen dari total pengguna di seluruh negara Instagram Lite berada.

Pasar kedua terbesar berada di Filipina sebanyak 14 persen, diikuti Kenya 12,5 persen dan Peru 12 persen. Facebook akan kembali mengembangkan Instagram Lite versi terbaru setelah mempelajari penggunaan aplikasi tersebut, namun belum diketahui kapan aplikasi tersebut akan tersedia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement