Rabu 13 May 2020 06:37 WIB

Peran Buya Hamka Saat George Rudy Menjadi Mualaf

Usai menjadi mualaf, George Rudy diminta Buya Hamka membaca surat Al Ikhlas.

Peran Buya Hamka Saat George Rudy Menjadi Mualaf. Foto: George Rudy
Foto: Tangkapan layar akun youtube: George Rudy Off
Peran Buya Hamka Saat George Rudy Menjadi Mualaf. Foto: George Rudy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- George Rudy merupakan salah seorang aktor laga legendaris yang terkenal. Belum lama ini, dia menceritakan kisahnya menjadi seorang mualaf.

Dalam pernyataan George yang ditayangkan di akun youtubenya, George Rudy Official, dengan judul Perjalanan Menjadi Seorang Mualaf, kisahnya mendapat hidayah dimulai saat dia menjalani syuting film Dua Jagoan pada 1977. Di mana, pada salah satu adegan, dia diharusnya melakukan adegan sholat.

Baca Juga

Dia kemudian memberitahu sutradaranya saat itu, Fritz G Schadt, bahwa dia adalah seorang non Muslim. "Gak apa-apa," dijawab oleh sutradara sebagaimana ditirukan oleh George.

Saat adegan sholat itulah, terutama di bagian salam, George mendapatkan petunjuk. "Saat adegan terakhir mengucapkan salam ke kiri dan kanan saya pribadi merasakan naluri ini jalan hidup saya, saya mendapatkan hidayah dari Allah," kata George.

 

Namun, peristiwa adegan sholat itu tak lantas langsung membuatnya masuk Islam. Pada tahun 1980, George kembali tertarik mempelajari Islam.

Dia tertarik dengan wudhu. Di mana, orang Islam untuk menghadap Tuhan, harus membersihkan diri dulu secara jasmani.

Kemudian, dia mempelari terus tentang Islam. Termasuk, mempelajari membaca Alquran.

Setahun kemudian, pada 1981 tepatnya bulan Maret George mantap memilih masuk  Islam. "Dan, Alhamdulillah yang mengislamkan saya adalah tokoh yang saya hormati, Buya Hamka," George.

Pada saat itu, Buya Hamka menanyakan kepada George apakah benar-benar ingin masuk Islam. Dan, secara tegas George mengiyakannya.

"Dan, pada saat itulah saya mengucapkan dua kalimat syahadat," kata George.

George mengatakan, dia merasakan suatu kebanggaan. Karena, dia dicium dan dipeluk oleh Buya Hamka.

"Saya merasakan satu kebangaan yang tidak akan terlupakan dalam hidup saya," kata George.

Buya Hamka kemudian menyuruhnya untuk membaca Alquran. Dan bacaan pertama yang disuruh adalah Surat Al Ikhlas.

Namun, George masih belum bisa membacanya. Dan, Buya Hamka menyuruh George mempelajarinya.

Setelah masuk Islam, Buya Hamka kemudian memberikannya nama Islam. Yaitu, Abdul Hadi. Artinya, orang yang diberikan petunjuk.

"Alhamdulillah, sampai sekarang nama saya George Rudy Abdul Hadi," kata George.

Buya Hamka kemudian memberikannya piagam bahwa George telah menjadi seorang Islam. "Dan, alhamdulillah sampai sekarang saya tetap menjadi seorang Muslim," kata George.

Belum lama ini, George pernah mengikuti sebuah talk show. Dan, pembawa acaranya menanyakan kepada George, kenapa di usianya yang sudah di atas 60 tahun, tapi wajahnya masih tetap terlihat muda.

"Saya menjawab, bahwa ini berkat air wudhu. Air wudhu adalah petunjuk Allah untuk membersihkan pribadi saya. Sebelum saya bermunajat sama Allah, saya harus bersuci dulu," kata George.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement