Rabu 13 May 2020 06:30 WIB

Sepinya Kepulauan Galapagos Akibat Pandemi Covid-19

Kepulauan Galapagos berada di wilayah Ekuador, negara yang parah dihantam Covid-19..

Rep: Wihdan Hidayat/ Red: Yogi Ardhi

Seekor iguana laut berjemur di tepi jalan setapak di San Cristobal, Kepulauan Galapagos, Ekuador, Sabtu (2/5). Di Kepulauan Galapagos setidaknya 800 pengunjung tiba setiap hari (FOTO : AP / Adrian Vasquez)

Sebuah dermaga yang kosong di San Cristobal, Kepulauan Galapagos, Ekuador, Sabtu (2/5). Hampir selama tujuh minggu karena pandemi virus corona, tidak ada satu pun turis yang tiba di Galapagos, situs Warisan Dunia UNESCO yang menginspirasi Charles Darwin (FOTO : AP / Adrian Vasquez)

Burung-burung terbang di atas kapal nelayan dan kapal-kapal wisata yang berlabuh di teluk San Cristobal, Kepulauan Galapagos, Ekuador, Sabtu (2/5). Di Kepulauan Galapagos setidaknya 800 pengunjung tiba setiap hari (FOTO : AP / Adrian Vasquez)

Seekor singa laut duduk di luar otel yang ditutup karena pandemi virus corona di San Cristobal, Kepulauan Galapagos, Ekuador, Sabtu (2/5). Di Kepulauan Galapagos setidaknya 800 pengunjung tiba setiap hari (FOTO : AP / Adrian Vasquez)

Toko-toko yang tutup dan jalan-jalan kosong di tengah virus pandemi virus corona di San Cristobal, Kepulauan Galapagos, Ekuador, Sabtu (2/5). Di Kepulauan Galapagos setidaknya 800 pengunjung tiba setiap hari (FOTO : AP / Adrian Vasquez)

Titik penjemputan untuk wisatawan yang kosong di tengah pandemi virus corona di San Cristobal, Kepulauan Galapagos, Ekuador, Sabtu (2/5). Seberapa cepat Kepulauan Galapagos dibuka kembali tidak jelas (FOTO : AP / Adrian Vasquez)

Para nelayan bekerja di Teluk San Cristobal, Kepulauan Galapagos, Ekuador, Sabtu (2/5). Di Kepulauan Galapagos setidaknya 800 pengunjung tiba setiap hari (FOTO : AP / Adrian Vasquez)

Mercusuar Pantai Mann dan kapal yang berlabuh di Teluk Naufragio, San Cristobal, Kepulauan Galapagos, Ekuador, Sabtu (2/5). Menurut gubernur kepulauan Norman Wray bahwa basis ekonomi Galapagos sepenuhnya runtuh (FOTO : AP / Adrian Vasquez)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, GALAPAGOS -- Kita mengenal terma Galapagos dari buku-buku IPA di bangku sekolah. Kepulauan yang habitatnya mengilhami Charles Darwin menulis teori tentang evolusi. 

Kawasan kepulauan ini termasuk wilayah Ekuador. Salah satu negara Amerika Latin yang dihantam parah oleh pandemi Covid-19.

Kawasan kepulauan yang mengandalkan sektor pariwisata ini pun terkena imbas pandemi. Wisatawan yang menjadi sumber penghidupan warga tidak lagi singgah sejak tiga minggu terakhir. Meninggalkan pulau dalam keadaan sepi. 

sumber : EPA-EFE
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement