Selasa 12 May 2020 23:59 WIB

21 Orang Reaktif Saat Rapid Tes Massal di Pasar Makassar

Rapid tes massal di pasar tradisional Makassar diikuti 548 orang

Petugas kesehatan mengambil sampel darah seorang pedagang saat menggelar Rapid Test atau pemeriksaan cepat COVID-19 di Pasar Tradisional Pa
Foto: ANTARA/ABRIAWAN ABHE
Petugas kesehatan mengambil sampel darah seorang pedagang saat menggelar Rapid Test atau pemeriksaan cepat COVID-19 di Pasar Tradisional Pa

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Pelaksanaan rapid tes massal Coronavirus Disease (COVID-19) hari pertama di pasar tradisional Kota Makassar diikuti ratusan orang pedagang dan kolektor yang menjalani tes pengambilan sampel darah dan diketahui 21 orang di antaranya reaktif.

"Hasil pemeriksaan dari 548 orang yang menjalani rapid test pada empat pasar di Makassar, hasilnya 21 orang dinyatakan reaktif," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Muh Ichsan Mustari saat virtual video confrence di Makassar, Selasa malam.

Empat pasar tradisional tersebut masing-masing Pasar Pa'Baeng-Baeng, dengan jumlah orang yang mengikuti rapid tes sebanyak 190 orang, 12 diantaranya reaktif dan 78 orang non reaktif.

Selanjutnya, di Pasar Pa'baeng-Baeng Blok Timur, jumlah orang diperiksa sebanyak 72 orang, satu dinyatakan reaktif dari hasil rapid tes, selebihnya 71 orang non reaktif.

 

Sedangkan di Pasar Sambung Jawa, jumlah orang diperiksa sebanyak 117 orang, lima diantaranya reaktif dan 122 orang non reaktif.

Dan Pasar Parangtambung, tercatat dari 169 orang yang dirapid test, 3 orang diantaranya reaktif dan 166 orang nonreaktif.

"Jumlah 21 orang yang hasil rapid testnya reaktif, sudah diarahkan untuk melakukan pemeriksaan spesimen swab sebagai penguatan hasil apakah positif atau negatif," beber Juru Bicara Gugus Tugas

COVID-19 Provinsi Sulsel ini.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar mulai melaksanakan pemeriksaan rapid tes massal selama empat hari, 12-15 Mei 2020. Hari ini ada empat lokasi pasar tradisional yakni pasar tradisional Pa'baeng-baeng, Pa'baeng-beng Blok Timur, Sambung Jawa dan Parangtambung.

Untuk rapid test hari kedua 13 Mei akan digelar di Pasar Makassar Mall, Kalimbu, Kerung-kerung, Mamajang, Maricaya serta Kampung Baru.

Selanjutnya, pada hari ketiga 14 Mei, di Pasar Terong, Panampu, Cendrawasih serta Panakukang. Pada hari keempat, 15 Mei dilaksanakan di Pasar Butung, Sawah, Mandai serta Niaga Daya.

Khusus untuk pemeriksaan para Juru Parkir (Jukir) dan Ojek Online (Ojol) dilaksanakan pada 12-15 Mei di puskesmas yang sudah ditunjuk dengan pelaksanaannya bekerja sama dengan PD Parkir Kota Makassar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement