Selasa 12 May 2020 23:44 WIB

UMY Bantu SD Kembangkan Pembelajaran Multimedia Saat Pandemi

Orang tua bisa mengaksesnya untuk pembelajaran di rumah selama pandemi Covid-19.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Ilustrasi belajar online siswa SD.
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Ilustrasi belajar online siswa SD.

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyerahkan paket pembelajaran daring untuk SD Muhammadiyah Karangturi. Tim terdiri dari dua Dosen Ilmu Komunikasi, Dr Filosa Gita dan Dr Fajar Junaedi.

Paket ini terdiri dari satu uni smart TV dan 22 video pembelajaran. Produksi konten video ini dilakukan dengan dukungan UMY melalui skema pengabdian persyarikatan pada Februari dan sudah dimanfaatkan dalam proses pembelajaran.

Ketua Tim Pengabdian, Filosa mengatakan, saat menyusun rencana pengabdian pada akhir 2019 mereka tidak menyangka akan ada pandemi Covid-19. Tujuan mereka kala itu cuma memfasilitasi sekolah menyediakan konten multimedia.

"Terjadinya wabah pandemi Covid-19 ini menjadikan pembelajaran online secara multimedia mendapatkan peran pentingnya," kata Filosa, Senin (11/5).

Kepala SD Muhammadiyah Karangturi, Indrawasih menyatakan, kemitraan dengan UMY melalui program pengabdian masyarakat telah membawa banyak manfaat bagi mereka. Termasuk, dengan perangkat pembelajaran multimedia tersebut.

"Kami bisa semakin mengembangkan kegiatan pembelajaran bagi siswa secara online, sehingga SD Muhammadiyah Karangturi bisa terus menjadi sekolah unggulan," ujar Indrawasih.

Video pembelajaran ini bukan hanya bisa dimanfaatkan oleh SD Muhammadiyah Karangturi, namun sekolah-sekolah dan guru-guru lain. Bahkan, orang tua bisa mengaksesnya untuk pembelajaran di rumah selama pandemi Covid-19 berlangsung.

"Berharap video pembelajaran yang ada di YouTube SD Muhammadiyah Karangturi yang beralamat di https://bit.ly/2WnfTFb terus dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran," kata Fajar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement