Selasa 12 May 2020 23:18 WIB

Polres Jakbar Ajak Napi Asimilasi Bantu Jaga Keamanan

Polres Jakbar mengajak napi asimilasi bantu jaga keamanan.

Napi bebas - ilustrasi
Napi bebas - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Narapidana asimilasi di Jakarta Barat diharapkan dapat membantu anggota Polri untuk menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah hukum tersebut, terlebih di masa pandemi Covid-19.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie Latuheru mengatakan sebanyak 372 narapidana yang mendapat asimilasi di wilayah hukumnya dinilai sangat baik selama berada di tahanan. Sehingga berkesempatan menjawab pikiran masyarakat bahwa mereka bukanlah penjahat lagi.

Baca Juga

"Kita juga akan melibatkan mereka untuk bisa membantu Polri menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing. Termasuk akan kita libatkan dalam pemberian bansos kepada masyarakat," ujar Audie di Aula Maryam, Kedoya, Jakarta Barat, Selasa (12/5).

Hal tersebut termasuk dalam program "empathy building" atau membangun rasa empati sesuai arahan dari Kapolri Jenderal Idham Azis. Sementara itu, dua napi asimilasi, Diding Muhidin dan Irfan Maulana mengungkapkan keinginannya untuk kembali menjalani kehidupan secara normal dan bermanfaat untuk lingkungannya.

Diding, warga Kota Bambu Selatan, Jakarta Barat yang terlibat kasus hukum pencurian mengaku kebebasan dari program asimilasi yang didapatnya ini membuat dirinya bersyukur. Secara pribadi dia ingin membantu kegiatan Polri, khususnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban, minimal di lingkungan atau tempatnya menetap.

"Banyak arahan yang saya dapat dari petugas. Saya beruntung mendapat kebebasan lebih cepat. Sekarang, saya ingin membuka usaha dan juga membantu polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat, paling tidak di lingkungan tempat saya tinggal," ujar Diding.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Irfan Maulana, yang tersandung kasus hukum narkoba. Dia yang sudah divonis empat tahun penjara, mendapat kebebasan lebih cepat sesuai dengan aturan asimilasi yang ada.

"Saat corona seperti ini, saya siap dan ingin ikut membantu polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Ada yang berbuat jahat, saya bisa langsung bertindak minimal melaporkan ke kantor polisi terdekat," ujar warga Latumenten, Jakarta Barat tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement