Selasa 12 May 2020 21:05 WIB

Tiga Langkah Menjaga Kualitas Keluarga Muslim

Perbaikan bangsa dapat dimulai dari menjaga kualitas keluarga.

Ilustrasi keluarga Muslim mengaji bersama
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ilustrasi keluarga Muslim mengaji bersama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Segala sesuatu selalu bermula dari yang kecil. Tidak ada dalam sejarah, sesuatu bisa muncul menjadi besar tanpa diawali dari yang kecil.

Negara tidak akan menjadi beres jika lingkungan terkecil penyusun negara, yakni keluarga, tidak beres.

Baca Juga

Keluarga, menurut pandangan Islam, tidak hanya sebagai tempat berkumpulnya suami, istri dan anak. Lebih dari itu, keluarga memiliki fungsi dan peranan yang signifikan dalam menentukan nasib suatu bangsa.

Secara khusus Allah mengingatkan kepada kita dalam firman-Nya, "Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu..." (QS 66: 6).

Tiga langkah

Perbaikan keluarga menjadi keharusan ketika kita hendak memperbaiki negara. Langkah pertama dalam memperbaiki kualitas keluarga adalah dengan menanamkan nilai-nilai ketauhidan dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ini pula yang dilakukan dan dicontohkan oleh para rasul dan nabi yang mulia kepada keluarga, anak, dan istrinya.

Nabi Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya'qub: "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam" (QS 2: 132).

Demikian pula dengan apa yang dicontohkan Luqman kepada anaknya. Perhatikan firman Allah, ''Dan ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: 'Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan adalah benar-benar kezaliman yang besar'.'' (QS 31: 13).

Langkah kedua adalah dengan menanamkan kebiasaan untuk saling menasihati. Saling memberikan nasihat selain sebagai bagian dari hak seorang Muslim terhadap Muslim lainnya, juga merupakan salah satu perilaku orang beriman (QS 90:17, 103:3).

Dengan dibudayakan saling memberi nasihat, maka keluarga kita akan selalu terjaga dari kemaksiatan dan kemunkaran serta akan terbina hubungan yang harmonis dan sakinah.

Langkah ketiga adalah perbanyak doa memohon kebaikan dan keberkahan dalam keluarga. Allah memberikan teladan melalui doanya Ibadurrahman, ''Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa" (QS 25: 74). Wallahu a'lam bishawab.

sumber : Hikmah Republika oleh Mulyana
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement