Selasa 12 May 2020 18:22 WIB

Menhan Prabowo Pandang China Sebagai Sahabat Indonesia

Pemerintah China mengirimkan beragam alkes kepada RI untuk mengatasi Covid-19.

Rep: Erik PP/ Red: Erik Purnama Putra
Menhan RI Prabowo Subianto menerima bantuan alkes berbagai jenis dari Dubes China untuk Indonesia, Xiao Qian di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (12/5).
Foto: Dok Biro Humas Kemenhan
Menhan RI Prabowo Subianto menerima bantuan alkes berbagai jenis dari Dubes China untuk Indonesia, Xiao Qian di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (12/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima bantuan alat kesehatan (alkes) dari Pemerintah Republik Rakyat China yang diserahkan oleh Dubes China untuk Indonesia, Xiao Qian di Terminal Cargo Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, Selasa (12/5). Prabowo hadir didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemenhan) Marsda Donny Ermawan Taufani.

Bantuan Pemerintah China yang diberikan ke Menhan Prabowo, meliputi masker medis, masker operasi medis, KN95 respirator, kacamata medis, layar pelindung medis sekali pakai (disposable medical protective screen), alat pelindung diri (APD) sekali pakai, APD antiair sekali pakai, sarung tangan nitril sekali pakai (disposable nitrile glove), pompa infus, ransel semprot disinfektan 16 liter, termometer infrared, dan helm termometer pencitraan termal. Baik Prabowo dan Xiao Qian kemudian membentangkan spanduk bertuliskan 'Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing'.

Prabowo menyambut baik pemberian bantuan berbagai alkes yang dikirim Pemerintah China, yang akan digunakan pemerintah RI untuk mengatasi pandemi Covid-19. Dia menyampaikan penghargaan mewakili Kemenhan RI atas solidaritas dan persahabatan yang ditunjukan Pemerintah China. "Saya ucapkan selamat, saya ucapkan terima kasih, saya ucapkan penghargaan atas nama Kemenhan, atas nama Tentara Nasional Indonesia, atas nama rakyat Indonesia, atas perhatian di tengah kesulitan mereka, mereka masih menyempatkan mengirim bantuan kepada kita," kata Prabowo.

Menurut Prabowo, sebenanya bukan bantuan alkes yang penting, melainkan perhatian, usaha, penghormatan, dan solidaritas yang ditunjukkan Pemerintah China kepada Pemerintah RI yang layak dihargai. Dia pun perlu menyampaikan lagi salam hormat dan terima kasih kepada pimpinan negara dan angkatan bersenjata China yang berkenan mengirim bantuan alkes ke RI.

"Kami memandang Republik Rakyat Tiongkok sebagai sahabat Indonesia dan kita akan bekerja sama sebaik-baiknya demi memelihara perdamaian stabilitas di kawasan kita, bersama kita akan atasi masalah ini. Sekali lagi yang mulia terima kasih," kata Prabowo.

Bantuan yang diberikan Pemerintah China ini merupakan yang kedua kalinya diterima Kemenhan. Bantuan alkes pertama diterima Menhan Prabowo di Base Ops TNI AU Halim Perdanakusuma pada Senin (23/3), berupa alat rapid test dan APD untuk tenaga kesehatan. Semua bantuan itu sudah dibagikan ke perwakilan rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

Sebelumnya, Kemenhan bersama Mabes TNI juga sukses menggelar operasi bantuan kemanusiaan (humanitarian aid) guna membawa alat-alat kesehatan dari China untuk membantu RI melawan penyebaran virus corona di Tanah Air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement