Selasa 12 May 2020 11:54 WIB

UB Bantu Industri Kreatif Malang Melalui Magang Daring

Mahasiswa PKL daring bisa membantu pemenuhan tenaga kerja perusahaan.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Brawijaya
Foto: wikipedia
Universitas Brawijaya

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (JSI FILKOM UB) melakukan inisiatif kerjasama dengan industri kreatif dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Malang. Kerjasama dilakukan dengan pemberian akses bebas biaya untuk memasang lowongan kebutuhan tenaga praktik kerja lapangan (PKL) atau semacam magang daring untuk mahasiswa UB di portal https://jsi-daring.ub.ac.id/.

Ketua JSI FILKOM UB, Herman Tolle menerangkan, kerja sama dilakukan karena situasi pandemi covid-19 telah menyebabkan kesulitan bagi beberapa perusahaan lokal tanah air untuk bisa terus bertahan. Tidak sedikit perusahaan yang terpaksa merumahkan pekerjanya.

Baca Juga

"Atau bahkan memutuskan untuk tutup dan tidak beroperasi lagi," kata Herman melalui pesan singkat kepada wartawan.

Menurut Herman, mahasiswa PKL daring yang direkrut oleh UKM atau industri kreatif dapat membantu efisiensi pemenuhan kebutuhan perusahaan. Hal ini terutama perihal keterampilan mahasiswa yang berhubungan dengan Teknologi Informasi (TI) maupun pemasaran.

Sementara dari pihak universitas, kata Herman, juga merasa diuntungkan. Permintaan tenaga PKL daring dari industri ktreatif dan UKM dapat membantu mahasiswa yang kesulitan mendapatkan tempat magang. Apalagi program ini memberlakukan sistem daring sehingga memudahkan mahasiswa.

"Industri kreatif maupun UKM yang membutuhkan bantuan tenga mahasiswa dan berminat untuk membuka lowongan PKL daring bisa langsung mengisi formulir secara daring melalui https://bit.ly/JSIUB-daftarPKL," kata Herman.

Herman menjelaskan, jenis pekerjaan yang bisa ditawarkan antara lain pengembangan aplikasi (mobile/web) dan perancangan UI/UX. Kemudian manajemen dan analisis data, digital marketing dan kreator konten. Hingga saat ini, ia mengklaim, lebih dari 20 perusahaan telah meng-input kebutuhan mahasiswa PKL di portal daring JSI FILKOM UB.

Herman mengatakan, pihaknya juga menyediakan beberapa lowongan PKL dari internal JSI FILKOM UB. Lowongan internal ini hanya diperuntukkan khusus mahasiswa JSI UB. Sementara lowongan dari perusahaan eksternal bisa diikuti seluruh mahasiswa FILKOM baik JSI maupun Jurusan Teknik Informatika

Selain itu, pihaknya juga memberikan solusi terhadap mahasiswa FILKOM UB yang kelompoknya belum mendapat tempat PKL Daring JSI. Mereka bisa mendaftarkan kelompoknya untuk dibantu mencari tempat PKL dengan mengisi form pengajuan di https://bit.ly/JSI-kelompokPKL.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement