Selasa 12 May 2020 12:00 WIB

Emilia Clarke Semarakkan Hari Perawat Internasional

Hari Perawat Internasional diperingati setiap tanggal 12 Mei.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris Game of Thornes Emilia Clarke membuat video khusus untuk memperingati Hari Perawat Internasional.
Foto: Independent
Aktris Game of Thornes Emilia Clarke membuat video khusus untuk memperingati Hari Perawat Internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sederet aktris kenamaan seperti Emilia Clarke dan Helena Bonham Carter memiliki cara spesial untuk memeringati Hari Perawat Internasional yang jatuh setiap tanggal 12 Mei. Jasa para perawat, terutama di kala pandemi Covid-19, memang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Aktris asal Inggris Emilia Clarke membagikan sebuah video ucapan terima kasih kepada para perawat yang berjuang melawan Covid-19. Bintang Game of Thrones itu juga membacakan puisi karya Michael Rosen bertajuk “This Are The Hands” yang ditulis pada 2008 untuk peringatan 60 tahun NHS.

Baca Juga

NHS atau National Health Service adalah nama program layanan kesehatan di Britania Raya. Secara khusus, Clarke mempersembahkan puisi tersebut untuk para perawat yang tergabung dalam organisasi keperawatan Inggris The Royal College of Nursing (RCN).

“Sebagai Duta Besar RCN yang bangga, terima kasih kepada semua staf perawat. Selamat Hari Perawat Internasional," demikian kata Clarke diakhir video.

Sementara Helena Bonham Carter mengajak masyarakat untuk membeli bunga mawar putih untuk kemudian diunggah di media sosial sebagai simbol penghargaan daring dalam peringatan Hari Perawat.

Carter yang merupakan cicit dari Florence Nightingale, pelopor perawat modern, mengatakan bahwa kontribusi masyarakat sekecil apapun akan sangat berarti bagi para perawat.

"Membeli mawar putih adalah cara sederhana untuk menghormati perawat dan bidan kita. Kita tidak boleh melupakan pengorbanan yang mereka lakukan setiap hari selama masa pandemi ini,” kata Carter dilansir laman Evening Standard, Selasa (12/5).

“Mendiang ayahku dirawat di rumah sakit selama 24 tahun oleh ratusan perawat yang berbeda. Aku berhutang budi kepada mereka semua. Itulah sebabnya aku membeli banyak bunga mawar,” kata pemeran Bellatrix Lestrange dalam film Harry Potter tersebut.

Kampanye mawar putih untuk memeringati Hari Perawat Internasional sebenarnya diinisiasi oleh The Florence Nightingale Foundation (FNF), organisasi amal di Inggris yang memberikan beasiswa kepada perawat, bidan, dan profesional kesehatan lainnya sekaligus untuk mengabadikan jasa Florence Nightingale. Yayasan mengatakan bahwa mawar putih melambangkan harapan dan kelahiran kembali.

Nightingale juga dikenal gemar memakai parfum mawar putih. Nightingale lahir pada 12 Mei 1820 dan meninggal 13 Agustus 1910 di Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement