Senin 11 May 2020 20:59 WIB

Sebulan PSBB, Doni: Kasus Covid-19 di Jakarta Turun

PSBB Jakarta dinilai mampu menurunkan kasus baru covid-19.

Rep: Anadolu/ Red: Elba Damhuri
Suasana bangku kosong di salah satu wahana yang berhenti beroperasi di lokasi Pasar Malam, Kanal Banjir Timur, Jakarta Timur, Minggu (10/5/2020). Pasar malam yang berdiri sejak tahun 2015 tersebut terpaksa berhenti beroperasi dan menutup wahananya dikarenakan tidak adanya pengunjung akibat  pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna menekan penyebaran COVID-19 di Ibu Kota
Foto: MUHAMMAD ADIMAJA/ANTARA FOTO
Suasana bangku kosong di salah satu wahana yang berhenti beroperasi di lokasi Pasar Malam, Kanal Banjir Timur, Jakarta Timur, Minggu (10/5/2020). Pasar malam yang berdiri sejak tahun 2015 tersebut terpaksa berhenti beroperasi dan menutup wahananya dikarenakan tidak adanya pengunjung akibat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna menekan penyebaran COVID-19 di Ibu Kota

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah mengklaim terjadi penurunan jumlah kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta setelah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo mengatakan pada 5 April 2020, DKI Jakarta merupakan menyumbang 50 persen dari total kasus Covid-19 secara nasional.

Namun setelah adanya PSBB dalam waktu sebulan, DKI Jakarta saat ini hanya menyumbang 39 persen kasus.

Meski demikian, dia mengingatkan bahwa Pulau Jawa merupakan penyumbang terbesar kasus Covid-19 yakni mencapai 70 persen.

"Kemudian yang meninggal 82 persen. Lantas yang sembuh 59 persen," kata Doni Monardo.

Dia pun mengatakan jika ada daerah memiliki kasus positif yang terus meningkat, kepala daerah diminta untuk mengusulkan kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto penerapan PSBB.

"Dan tentunya kita berharap inisiatif ini dari daerah, sehingga kesiapan untuk mempersiapkan diri, melakukan koordinasi, ini akan jauh lebih baik," jelas dia.

Sementara itu terkait dengan penerimaan spesimen, Doni menyebut bahwa pemeriksaan spesimen paling tinggi pernah mencapai 9.630.

"Tetapi 9.630 hanya pada satu hari saja. Hari berikutnya kembali mengalami penurunan ke angka 7100 dan 7300," pungkas dia.

 

Link: https://www.aa.com.tr/id/nasional/sebulan-psbb-kasus-covid-19-di-jakarta-diklaim-turun/1836792

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement