Senin 11 May 2020 19:59 WIB

Pemerintah Siapkan Insentif Bagi Pekerja Laboratorium

Pemerintah menyiapkan insentif bagi pekerja laboratorium.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen Doni Monardo.
Foto: Istimewa
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen Doni Monardo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, pemerintah menyiapkan insentif bagi para pekerja laboratorium yang bertugas menganalisis spesimen pasien untuk mendeteksi infeksi virus coronatipe baru (SARS-CoV-2). Presiden Joko Widodo telah meminta agar pengujian spesimen pasien Covid-19 dipercepat dengan menambah jumlah alat uji serta petugas laboratorium.

"Upaya dari Gugus Tugas adalah untuk bisa memberikan insentif kepada pekerja laboratorium sehingga (mereka) bisa bekerja lebih optimal lagi," kata Doni usai mengikuti rapat penanganan Covid-19 yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, Senin (11/5).

Baca Juga

Dalam rapat yang dilakukan melalui telekonferensi video tersebut, Presiden meminta kecepatan pengujian spesimen pasien Covid-19 dipercepat dengan menambah jumlah alat uji serta petugas laboratorium. Pemeriksaan spesimen pasien untuk mendeteksi infeksi virus coronaselama ini antara lain terkendala keterbatasan sumber daya manusia yang dapat melakukan pemeriksaan laboratorium.

"Kalau selama ini rotasi (peneliti) hanya satu kali atau maksimal dua kali, maka kami harapkan rotasi bisa rata-rata dua kali. Bahkan kalau sumber daya manusianya sudah memadai dan jumlahnya mencukupi bisa mencapai tiga kali sehingga (laboratorium) bisa bekerja 24 jam," ujarnya.

"Ada sekitar 280 ribu ODP dan PDP yang harus kita tuntaskan dalam waktu yang sesingkat mungkin (pemeriksaannya," ucapnya.

Doni mengatakan bahwa Presiden telah menugaskan Gugus Tugas, Kementerian Kesehatan, dan seluruh laboratorium yang ada di Indonesia memeriksa sampai 10.000 spesimen setiap hari. Doni menjelaskan, pada 8 Mei yang lalu, laporan yang diterima oleh Gugus Tugas dari seluruh laboratorium yang ada, pemeriksaan spesimen telah mencapai 9.630 tetapi ini hanya pada satu hari saja, hari berikutnya kembali mengalami penurunan ke angka 7.100 dan 7.300.

"Jumlah laboratorium yang sudah dilaporkan kepada Gugus Tugas, mulai beroperasi, mulai dari yang belajar dengan skala kecil sampai dengan yang kapasitas besar telah mencapai 60 laboratorium sedangkan ada sekitar 55 laboratorium lagi yang akan beroperasi," katanya.

Doni mengemukakan rencana untuk merekrut personel TNI/Polri yang memiliki kualifikasi melakukan pemeriksaan laboratorium untuk mendukung percepatan pemeriksaan Covid-19 dan menggelar pelatihan pemeriksaan laboratorium. "Kita melihat SDM untuk pemeriksaan lab jumlahnya masih terbatas, tapi kita tetap optimal untuk melatih mereka beberapa hari terakhir ada pelatihan virtual dan penambahan dari unsur TNI/Polri dari RS TNI/Polri di sejumlah provinsi dan kota. Kita berupaya tingkatkan kinerja karena lab," katanya.

Doni menambahkan saat ini rata-rata petugas laboratorium hanya bekerja pada hari kerja. Dia juga mengemukakan pentingnya pengintegrasian laboratorium di berbagai kementerian dan lembaga.

"Seluruh instansi yang punya laboratorium belum terintegrasi dan selama ini seluruh laboratorium hanya melapor ke instansi vertikalnya. Ini tantangan kami untuk mengajak seluruh kepala lab memprioritaskan pelaporan ke Gugus Tugas sehingga ke depan diharapkan laporan lab ke Gugus Tugas akan paralel, tetap melapor ke instansi vertikal tapi juga melapor ke Gugus Tugas, jadi data harian bisa lebih akurat," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement