Senin 11 May 2020 18:42 WIB

Ini 5 Pemain yang Layak Raih Ballon d’Or Versi Ronaldo

Kelima pemain tersebut belum pernah mendapatkan trofi Ballon d'Or.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Luis Nazario Lima Ronaldo
Foto: EPA-EFE/Neco Parella
Luis Nazario Lima Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANAIRO -- Mantan bintang sepak bola Brasil, Ronaldo Nazario de Lima, mempunyai lima pemain yang dinilai layak mendapatkan penghargaan gelar pemain terbaik dunia (Ballon d’Or). Kelima pemain tersebut belum pernah mendapatkan trofi bergengsi tersebut.

Dilansir dari Marca, Senin (11/5), kelima pemain yang ada dalam catatan Ronaldo semuanya sudah pensiun. Beberapa tahun lalu, kelimanya selalu kalah dari dirinya yang sudah mengoleksi dua gelar individu paling bergengsi di dunia sepa kbola tersebut.

"Alessandro  Del Piero, Francesco Totti, Paolo Maldini, Raul Gonzalez, dan saya pikir Roberto Carlos juga, karena dia dua kali di belakang saya dalam pemungutan suara," kata Ronaldo saat berbincang dengan Del Piero.

Menurut mantan pemain Real Madrid dan Inter Milan tersebut, kelima pemain bintang itu pada masanya layak mendapatkan trofi terseut. Raul nyaris memenangkannya pada 2001, namun ia kalah dari Michel Owen yang pada waktu itu mempersembahkan treble winner untuk Liverpool.

Raul hanya mendudukui posisi kedua dalam daftar perolehan suara. Disusul penjaga gawang Bayern Muenchen, Oliver Kahn. Paolo Maldini, lanjut Ronaldo, juga nyaris berhasil mendapatkan penghargaan tersebut sebanyak dua kali yaitu pada 1994 dan 2003.

Namun Maldini harus puas duduk di posisi ketiga pada 1994. Pemain Barcelona, Hristo Stoichkov, berhasil merebut gelar Ballon d’Or. Di posisi kedua ada pemain Juventus Roberto Baggio.

Maldini memiliki kesempatan meraih trofi tersebut untuk pertama kalinya pada 2003. Namun ia kembali harus puas di urutan ketiga karena kalah dari Pavel Nedved sebagai pemenang dan Thierry Henry di urutan kedua.

Sementara, Totti dan Del Piero adalah dua pemain bintang di masing-masing klubnya, Juventus dan AS Roma, serta pilar bagi timnas Italia yang tak pernah naik podium. Kendati demikian, menurut Ronaldo, keduanya layak mendapatkan Ballon d’Or.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement