Senin 11 May 2020 15:18 WIB

Kompany: Van Dijk Bek Terbaik dalam Sejarah Liga Inggris

Menurut Kompany, seorang bek tidak hanya unggul dari sisi kualitas individu.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Bek Liverpool Virgil van Dijk.
Foto: Jason Cairnduff/Reuters
Bek Liverpool Virgil van Dijk.

REPUBLIKA.CO.ID, ANDERLECHT -- Mantan kapten Manchester City, Vincent Kompany, mengeluarkan pernyataan berkelas. Terang-terangan ia memuji kualitas palang pintu Liverpool, Virgil van Dijk.

Tanpa ragu, Kompany menyebut Van Dijk sebagai bek tengah terbaik dalam sejarah Liga Primer Inggris. Itu berarti melewati dirinya yang juga seorang pemain belakang.

Kompany menyinggung beberapa nama beken yang terus terdengar selama bertahun-tahun. Ada legenda hidup Chelsea, John Terry, juga mantan bek Manchester United, Rio Ferdinand.

"Dalam beberapa tahun terakhir, sangat jelas, dia (Van Dijk) menunjukkan dia berada di puncak," kata Kompany, dikutip dari Sportskeeda, Senin (11/5).

Sosok yang kini berstatus pemain merangkap pelatih Anderlecht itu, tidak asal bicara. Ia memiliki alasan kuat di balik argumentasinya.

photo
Vincent Kompany - (EPA/PETER POWELL )

Menurut Kompany, seorang bek tidak hanya unggul dari sisi kualitas individu. Tapi juga memiliki dampak besar dalam perubahan tim. Kemudian cara sang bek berkomunikasi membuat tim lebih solid.

Van Dijk, lanjut Kompany, memiliki semua kriteria di atas. "Liverpool sebelum dan sesudah ada Van Dijk, terasa berbeda. Saya memberinya (gelar pemain terbaik), karena itu," ujar eks penggawa tim nasional Belgia itu.

Belum lama Van Dijk berkostum Liverpool. Pada Januari 2018, ia pindah dari Southampton. Nyaris semua gelar utama telah ia raih. Setelah berjaya di Eropa dan dunia pada musim lalu, musim ini, Merseyde Merah selangkah menjadi juara Liga domestik. Butuh dua kemenangan lagi. Jika itu terelisasi, semakin lengkap prestasi bek asal Belanda tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement