Ahad 10 May 2020 23:50 WIB

Ribuan Peserta Daftar Lomba Baca Alquran dan Adzan Kubu raya

Pemkab Kubu Raya menggelar lomba baca Alquran dan adzan.

Pemkab Kubu Raya menggelar lomba baca Alquran dan adzan. Muazin mengumandangkan Adzan. (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pemkab Kubu Raya menggelar lomba baca Alquran dan adzan. Muazin mengumandangkan Adzan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PONTINANAK—  Sebanyak 1.717 peserta terdaftar dalam kegiatan lomba Murattal Quran dan lomba adzan yang digelar Pemkab Kubu Raya secara daringdi tengah pandemi Covid-19.

Penutupan pendaftaran untuk peserta ini ditetapkan pada 9 Mei 2020 yang bertepatan dengan  17 Ramadhan 1441 H.

Baca Juga

"Alhamdulillah, Masya Allah luar biasa, ini rahasia Allah, karena saat penutupan malam 17 Ramadhan angka jumlah peserta yang kita dapat juga sebanyak 1.717. Angka 17 ini juga sama dengan tanggal lahirnya Kubu Raya, 17 Juli dan ini benar-benar suatu hal yang tidak kita duga," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Ahad.

Selain itu, untuk jumlah peserta yang mendaftar lomba menulis surat kepada bupati Kubu Raya dan membacakannya juga cukup tinggi, mencapai 850, yang terdiri atas untuk lomba tingkat SD/MI Kelas Bawah : 117 orang, SD/MI Kelas Atas 227 orang, tingkat SMP/MTs 459 orang dan tingkat SMA sederajat 47 orang.

Muda mengaku tidak menyangka antusias peserta cukup tinggi untuk mengikuti lomba tersebut yang membuktikan bahwa semangat, kreativitas dan antusias anak-anak dan masyarakat Kubu Raya untuk terus berkarya masih sangat tinggi.

"Untuk tahap selanjutnya, karya dan video lomba kiriman anak-anak ini akan masuk tahap penilaan yang dinilai oleh para juri yang profesional di bidangnya, karena untuk lomba Murattal Quran dan Lomba Azan ini kita melibatkan para qari dan qariah terbaik di Kubu Raya serta pengurus MTQ untuk menilainya," tuturnya.

Kemudian untuk lomba menulis surat kepada bupati Kubu Raya dan membacakannya juga akan dinilai tim yang sudah dibentuk oleh panitia yang juga berasal dari kalangan akademis, birokrat serta para penulis yang ada di Kubu Raya. "Jadi penilaian ini benar-benar selektif dan kita serahkan kepada para ahlinya," kata Muda.

Dia menjelaskan, dari semua peserta yang masuk akan diseleksi secara ketat dan akan disaring untuk 20 besar untuk tiap cabang lomba. Dari 20 besar tersebut, kemudian nantinya juri akan bersatu untuk menetapkan 10 besar dan akhirnya dipilih untuk tiga besar.

"Pengumuman pemenang nantinya akan dilakukan sebelum Lebaran dan setiap video dan surat yang masuk akan kita publikasikan di media sosial dan akan kita rangkum dalam akun sosial dan official Youtube yang akan kita buat, sehingga masyarakat bisa melihat langsung kualitas dari peserta," katanya.  

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement