Sabtu 09 May 2020 16:53 WIB

Tangani Covid-19, Tenaga Medis Dapat Fasilitas Hotel

Para tenaga medis yang tinggal di hotel akan mendapatkan pelayanan maksimal.

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Agus Yulianto
Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG — Pemerintah Kota Tangerang menyediakan hotel untuk para tenaga medis selama menangani pasien Covid-19. Para tenaga medis tersebut nantinya akan mendapatkan pelayanan secara maksimal selama berada di hotel.

Sebelumnya pemkot Tangerang telah menyediakan satu hotel bagi para tenaga medis. Kemudian pihaknya telah menambah satu hotel lagi, sehingga dua hotel disediakan untuk ditinggali para tenaga medis selama menangani pasien Covid-19. Kedua hotel tersebut adalah Hotel Permata di Jalan Syekh Yusuf Makassar dan Hotel Pakons di Jalan Daan Mogot.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengaku, dibantu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam menyediakan hotel tersebut. "Jadi, kita sebelumnya sudah sediakan Hotel Permata khusus untuk tenaga medis, dan sekarang bertambah satu lagi, yakni Hotel Pakons, yang diperuntukkan sebagai tempat tinggal bagi tenaga medis," jelas Arief dalam keterangan resmi yang diterima Sabtu (9/5).

Lebih lanjut, para tenaga medis yang tinggal di hotel akan mendapatkan pelayanan maksimal, seperti layanan cuci baju, dan jatah makan sehari dua kali. Arief meminta, pengelola hotel agar rutin memerika kondisi dan menjaga kebersihan kamar tidur yang digunakan tenaga medis.

Adapun bagi pegawai hotel yang melayani mereka diharapkan, menggunakan APD dan alat pengamanan. Hal itu perlu dilakukan sebagai upaya antisipasi virus yang terbawa oleh para tenaga medis.

"Ini nanti petugas cleaning services dan yang nganter makanan harus pakai alat pengaman juga. Karpet dan lift harus sering dibersihkan," ujar Arief.

Arief menyebutkan, langkah yang diambil Pemkot Tangerang saat ini merupakan bentuk apresiasi kepada relawan dan tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menangani pandemi Covid-19.

"Ini sebagai bentuk terima kasih kita kepada para tenaga medis yang telah berjuang melawan corona, bersama dengan petugas lain tentunya seperti Satpol PP, Dishub, BPBD, TNI dan Kepolisan. Saya ucapkan terima kasih banyak," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Budaya, Pariwisata dan Pertamanan (Budparman) Kiki Wibawa menjelaskan, hotel Pakons yang telah disiapkan itu menyediakan 96 kamar yang khusus untuk tenaga medis.

“Hotel Permata sendiri menyediakan 30 kamar yang saat ini sudah terisi penuh, satu kamar disediakan untuk satu orang. Sementara Hotel Pakons menyediakan 96 kamar. Dalam satu kamar disediakan dua tempat tidur sehingga bisa ditempati oleh dua orang,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement