Sabtu 09 May 2020 14:06 WIB

Jual dan Sewakan Pesawat, Maskapai Southwest Raup Rp 12 T

Pesawat yang dijual dan disewakan terdiri dari 10 pesawat Boeing 737-800 dan 737 MAX8

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Maskapai Southwest Airlines
Foto: whatisthetrend.net
Maskapai Southwest Airlines

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON DC -- Southwest Co akan menjual dan menyewakan kembali sebanyak 20 pesawatnya. Dari aksi korporasi itu, maskapai bertarif rendah asal Amerika Serikat ini akan memperoleh pendapatan sekitar 815 juta dolar AS atau setara Rp 12,2 triliun. 

Langkah tersebut akan membantu Southwest menghemat dana ketika sebagian besar maskapai di AS saat ini harus membakar uang lebih dari 10 miliar dolar per bulan. Southwest mengatakan akan menggunakan dana hasil penjualan dan persewaan itu untuk keperluan umum maskapai. 

Baca Juga

Adapun pesawat yang akan dijual dan disewakan tersebut yaitu 10 pesawat jenis Boeing 737-800 dan 10 pesawat jenis 737 MAX 8. Maskapai tidak menjelaskan kepada siapa pesawat-pesawat tersebut akan dijual dan disewakan.

Akhir April lalu, maskapai kompetitor United Airlines sepakat untuk menjual dan menyewakan kembali 22 pesawatnya kepada investor maskapai Bank of China Aviation. Namun, United tidak menyebutkan secara jelas mengenai kesepakatan tersebut.

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan penurunan penumpang penerbangan hingga 95 persen sejak Maret lalu. Tidak hanya di kawasan Amerika Serikat, penurunan jumlah penumpang juga menurun drastis di sejumlah negara lainnya akibat pembatasan  berbagau aktivitas untuk menekan penyebaran Covid-19.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement