Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

AP II Salurkan Bantuan APD untuk Puskesmas di Tangerang

Sabtu 09 May 2020 04:00 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda

AP II menyalurkan bantuan APD untuk 7 puskesmas di Tangerang. Foto ilustrasi petugas medis mengenakan baju hamzat salah satu dari Alat Pelindung Diri (APD).

AP II menyalurkan bantuan APD untuk 7 puskesmas di Tangerang. Foto ilustrasi petugas medis mengenakan baju hamzat salah satu dari Alat Pelindung Diri (APD).

Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Bantuan diserahkan kepada tujuh puskemas di Tangerang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) menyalurkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD), alat kesehatan, dan vitamin untuk membantu penanganan virus korona atau Covid-19. Direktur Keuangan AP II Wiweko Probojakti mengatakan bantuan tersebut diserahkan kepada tujuh puskemas di Tangerang, Banten. 

“Puskesmas adalah fasilitas kesehatan yang paling dekat dengan pemukiman penduduk dan relatif mudah dijangkau. Sejalan dengan itu, puskesmas perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak sehingga dapat melakukan penanganan cepat di tengah pandemi ini," kata Wiweko, Jumat (8/5). 
 
Dia memastikan bantuan tersebut sudah diserahkan pada 6 Mei 2020. Bantuan tersehut berupa thermo gun sebanyak 14 unit, masker surgical 280 boks, hand sanitizer lima liter sebanyak 14 jerigen, nurse cap sebanyak 14 boks, masker N95 sebanyak 21 boks, face shield sebanyak 140 buah, pakaian hazmat sebanyak 700 buH, multivitamin sebanyak 21 boks, bed, tiang infus, tangga bed sebanyak dua paket, sepatu boots sebanyak 84 pasang, glove sebanyak 7 ribu buah hand sanitizer1 liter sebanyak 21 botol, dan susu sebanyak 210 kaleng. 
 
Sementara itu puskesmas yang menerima bantuan terletak di sekitar wilayah Kantor Pusat AP II dan Bandara Soekarno-Hatta. Semua puskesmas tersebut yakni Puskesmas Neglasari, Puskemas Kedaung Wetan, Puskesmas Benda, Puskesmas Juru Mudi Baru, Puskesmas Batu Ceper, Puskesmas Teluk Naga, dan Puskesmas Kosambi.
 
“Kami berharap bantuan ini juga dapat membantu puskesmas dalam menjalankan peran penting terkait fungsi pencegahan, edukasi, serta pemantauan di tengah masyarakat,” ujar Wiweko.
 
Sebelumnya, AP II juga telah menyalurkan alat kesehatan serta alat pelindung diri (APD) bagi RSU Tangerang, RSUD Serang dan Pemprov Banten. Bantuan kepada RS disalurkan pada 15 April 2020 berupa hand glove, hazmat, sepatu boots, thermal gun, masker surgical dan wetkins. 
 
Dengan memperkuat kebutuhan alat kesehatan dan APD baik itu di puskesmas mau pun RS, Wiweko mengharapkan upaya pencegahan penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19 di tengah masyarakat dapat semakin optimal. "AP II juga menyalurkan bantuan serupa di sejumlah wilayah di mana bandara-bandara perseroan beroperasi," tutur Wiweko. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA