Jumat 08 May 2020 23:10 WIB

Harus Jadi Imam, Ronal Surapradja Hafalkan Surat Pendek

Sebelum Ramadhan, Ronal Surapradja mulai menghafalkan surat pendek.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Ronal Surapradja (kiri) menghafal surat pendek dari  juz 30 Alquran sebagai bekal untuk menjadi imam sholat tarawih.
Foto: Republika/Putra M Akbar
Ronal Surapradja (kiri) menghafal surat pendek dari juz 30 Alquran sebagai bekal untuk menjadi imam sholat tarawih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Muslim dunia saat ini tengah menjalani ibadah bulan Ramadhan penuh dengan tantangan di tengah pandemi. Mengikuti anjuran di rumah saja, penyiar Ronal Surapradja pun menunaikan sholat berjamaah di rumah, tidak di masjid seperti biasanya.

Sholat di rumah, Ronal tampil sebagai imam bagi keluarganya. Ayah dua anak itu kembali menghafalkan surat-surat pendek Alquran untuk sholat berjamaah bersama anak dan istrinya.

Baca Juga

"Penyesuaiannya antara lain saya dipaksa jadi imam. Kalau kemarin saya sholat berjamaah di masjid, ada imam itu udah enak karena pembacaannya bagus, suratnya panjang. Saya tinggal ikutin. Tapi sekarang, mau nggak mau saya harus jadi imam," tutur Ronal kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Laki-laki yang akrab disapa Kang Onal itu pun merasa malu lantaran surat-surat pendek Alquran yang dilantunkannya dalam bacaan sholat tak bervariasi. Oleh karenanya, dia pun mengaku telah mempersiapkan diri menghafalkan surat-surat pendek sebelum Ramadhan, saat awal mula wabah Covid-19 dimulai di Indonesia.

"Tidak muluk-muluk. Tidak hafal 30 juz nggak apa-apa, yang penting hafal juz 30 saja. Nggak apa-apalah saya udah terima kasih," kata Kang Onal.

Adanya pandemi ini, menurut Kang Onal, memberikan hikmah tersendiri bagi dia dan keluarganya. Selain menjadi lebih hafal surat-surat pendek sebagai bekal untuk sholat berjamaah, dia juga tak lepas kedekatan dengan Allah SWT dengan sholat tarawih dan sholat dhuha.

"Saya mengaji setiap hari bersama anak setelah Isya. Jadi itu adalah hal-hal yang tidak akan terjadi kalau tidak ada pandemi. Itu hikmahnya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement