Jumat 08 May 2020 21:33 WIB

RQV Indonesia Berbagi untuk Keluarga Pecinta Alquran

Program ini telah dilaksanakan di berbagai daerah

Rep: Rossi Handayani/ Red: A.Syalaby Ichsan
Rumah Qur’an violet ( RQV ) Indonesia cabang Labuhanbatu Selatan,
Foto: Dok Istimewa
Rumah Qur’an violet ( RQV ) Indonesia cabang Labuhanbatu Selatan,

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Rumah Quran Violet (RQV) Indonesia menghadirkan Program Berbagi berupa sembako, masker, paket sahur dan berbuka untuk keluarga pecinta Alquran yang terdampak Covid-19 di seluruh Nusantara. Kegiatan ini dijalankan sebagai wujud kepedulian atas pendapatan masyarakat yang berkurang di tengah pandemi.

RQV Indonesia bukan hanya lembaga yang fokus pada pendidikan Tahfiz. Lembaga ini juga bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan sebagai bentuk kontribusi terhadap umat. "Pendistribusian paket sembako untuk keluarga pecinta Quran ini merupakan salah satu aksi nyata menebar kebermanfaatan kepada sesama," kata  Presiden RQV Indonesia, Sultan Muda Azmi Fajri Usman, dalam keterangan tertulisnya kepada Republika Jumat (8/5). 

Adapun keluarga pecinta Alquran ini tidak hanya masyarakat binaan RQV, namun juga masyarakat umum yang berinteraksi dengan Alquran. Di antaranya guru ngaji, guru tahfiz, ustaz, dan mereka yang ingin belajar Alquran, serta masyarakat yang hidup di lingkungan pengajian.

Program ini telah dilaksanakan di berbagai daerah seperti Bekasi, Jakarta, Tobasa, Pidie Jaya, Aceh, Medan Padang, Jambi, Lampung, Labuhan Batu Selatan, Ponorogo, Majene dan Toraja. Para penerima manfaat program tersebut berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, di antaranya ada yang bekerja sebagai penjual gorengan, cleaning service, ojek online, guru, pedagang dan lain-lain. 

"RQV Indonesia akan selalu berusaha menyalurkan bantuan kepada keluarga pecinta Alquran terkhusus pada masa pandemi saat ini. Banyak di luar sana orang yang sedang teracam hidupnya sehingga harus bergerak bersama saling membantu," ucap Sultan Muda Azmi Fajri Usman. 

Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan serta memudahkan umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan di tengah pandemi saat ini. Minimnya pemasukan tidak menjadi kendala dalam menjalankan ibadah.

"Alhamdulilah, masyarakat menyambut dengan suka cita paket sembako dari RQV Indonesia. Kami merasa sangat terbantu dengan paket ini sehingga kami masih bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan meski di tengah bencana seperti ini. Terima kasih kepada seluruh Donatur dan Relawan RQV Indonesia, semoga bisa terus berkembang dan membantu banyak lagi orang lain di luar sana," kata Koordinator Lapangan, Lia. 

RoAdapun pandemi yang sedang melanda dunia saat ini telah mempengaruhi semua sektor kehidupan termasuk perekonomian. Terdapat lebih dari dua juta tenaga kerja yang di PHK. Banyak yang kehilangan pekerjaan sehingga mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama di bulan Ramadhan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement