Pemprov Jatim Gelar Nuzulul Qur'an Online

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Hafil

 Jumat 08 May 2020 22:12 WIB

Pemprov Jatim Gelar Nuzulul Qur'an Online. Foto: Ilustrasi Nuzulul Quran Foto: Foto : MgRol_93 Pemprov Jatim Gelar Nuzulul Qur'an Online. Foto: Ilustrasi Nuzulul Quran

Nuzulul Quran online di Pemprov Jatim melakukan khotmil quran kubro.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menggelar Nuzulul Quran online dengan melakukan khotmil Quran kubro pada Sabtu (9/5). Khotmil Quran yang digelar akan melibatkan 4.000 hafiz dan hafizah, serta jajaran OPD, dengan menamatkan 2020 kali Al-Quaran, yang disesuaikan dengan tahun masehi.

"Jadi 4.000 Hafiz Hafizah mulai hari ini sampai dengan besok mereka akan menghatamkan Al-Quran sebanyak 2.000 kali. Kemudian yang 20 kalinya adalah dari OPD yang hari ini juga sudah dimulai sampai dengan besok. Jadi totalnya 2020 kali khataman Al-Quran," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (8/5).

Khotmil Qur'an Kubro tersebut, lanjut Khofifah, akan ditutup dengan pambacaan Juz 30 Al-Quran oleh 17 bupati/ wali kota secara bergantian. Adapun kepala daerah yang terlibat adalah Sumenep, Tuban, Banyuwangi, Jombang, Bangkalan, Bondowoso, Bojonegoro, Pasuruan, Kota Malang, Sidoarjo, Trenggalek, Madiun, Kota Kediri, Lumajang, Pamekasan, Malang, dan Probolinggo.

"Jadi yang sangat spesial barangkali baru terjadi di negeri ini adalah yang akan membaca mulai dari surah An-Naba adalah para bupati dan wali kota dati 17 daerah tadi," ujar Khofifah.

Khofifah menegaskan, peringatan Nuzulul Quran tersebut akan digelar online pada Sabtu (9/5) tepatnya pukul 20.30 WIB hingga 22.00 WIB. Nantinya juga akan menghadirkan penceramah, yaitu Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar MA.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X