Jumat 08 May 2020 20:59 WIB

Mengapa Virus Sulit untuk Dimatikan? (2)

Upaya tubuh melawan virus terkadang juga menyebabkan terjadinya badai sitokin.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.
Foto: CDC via AP, File
Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh manusia telah mengembangkan sistem pertahanan untuk melindungi dari infeksi virus. Pertama, sel memiliki sistem alarm bawaan untuk mendeteksi penyerang virus.

Kehadiran pengganggu memicu apa yang dikenal sebagai respons imun bawaan, yang dapat melibatkan sel inang melepaskan protein yang mencoba mengganggu replikasi virus atau dapat melibatkan sistem kekebalan yang mencoba untuk mematikan sel-sel yang dikompromikan.

Baca Juga

Tetapi terkadang, mekanisme pertahanan ini tidak cukup.

"Kadang-kadang jika Anda memiliki dosis tinggi virus atau jika virus telah menemukan cara untuk menghindari tindakan perlindungan ini, maka respons bawaan ini dapat meminta bantuan," kata Charles Rice, kepala Laboratorium Virologi dan Penyakit Menular di Universitas Rockefeller di Kota New York.

Pekerjaan bala bantuan untuk mencoba mengalahkan virus ini biasanya akan memunculkan gejala infeksi virus. Pada titik inilah seseorang dapat terserang demam dan mulai merasa sakit.

Tetapi virus itu licik, menurut Glaunsinger, dan mereka sering dapat terbang di bawah radar dan menyebabkan banyak kerusakan sebelum alarm apa pun dipicu dan bala bantuan dipanggil. Pada saat respons kekebalan muncul, sering kali sudah terlambat.

"Pada saat itu, virus sudah menguat, sudah ditularkan dari orang ke orang lain, dan belum ada yang merasa tidak enak badan," kata Glaunsinger.

Ketika sistem kekebalan tubuh akhirnya dipicu, ia juga dapat menyebabkan overdrive, menyebabkan apa yang disebut badai sitokin, yang dianggap sebagai akar dari beberapa kasus virus corona yang paling parah.

"Ada banyak data yang keluar bahwa beberapa kerusakan mungkin disebabkan oleh respons imun yang sangat kuat dan cepat, di mana tubuh melawan dan semacam melemparkan segala yang dimilikinya pada virus," kata Dr Adam Lauring,  profesor mikrobiologi dan imunologi di University of Michigan di Ann Arbor.

"Walaupun itu dapat mengendalikan virus, itu juga menyebabkan banyak kerusakan pada paru-paru," jelasnya.

Respons imun yang ekstrem dapat memperburuk pneumonia dan menyebabkan peradangan parah pada pasien yang paling sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement