Jumat 08 May 2020 20:51 WIB

Mengapa Virus Sulit untuk Dimatikan? (1)

Tak seperti bakteri, virus lebih sulit untuk dimatikan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)
Foto: EPA/CDC
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Virus adalah salah satu ancaman terbesar bagi umat manusia. Pandemi saat ini menunjukkan bagaimana patogen ini dapat membuat negara menjadi tertutup, menghentikan seluruh industri, dan menyebabkan penderitaan manusia yang tak terhitung.

Virus juga berevolusi sedemikian rupa sehingga sulit dimatikan. Apa yang membuat mereka, termasuk virus corona, begitu sulit dilawan?

Baca Juga

Bagian dari masalahnya adalah sifat virus itu sendiri. Mereka ada seperti zombi yang terus ada: tidak cukup mati, namun tentu tidak hidup.

"Virus tidak benar-benar melakukan apa pun, mereka secara efektif tidak aktif sampai melakukan kontak dengan sel inang. Tapi begitu itu terjadi, mereka hidup dan hidup kembali," kata Derek Gatherer, ahli virus di Universitas Lancaster di Inggris, dilansir di NBC News, Jumat (8/5).

Susunan aneh dari agen infeksi ini adalah bagian dari apa yang membuat mereka sulit dikalahkan. Dibandingkan dengan patogen lain, seperti bakteri, virus sangat kecil. Dan karena mereka tidak memiliki keunggulan makhluk hidup, misalnya metabolisme atau kemampuan untuk bereproduksi sendiri, mereka lebih sulit untuk ditargetkan dengan obat-obatan.

"Fakta bahwa mereka tidak hidup berarti mereka tidak harus bermain dengan aturan yang sama seperti yang dimainkan oleh makhluk hidup," kata Britt Glaunsinger, ahli virologi di University of California, Berkeley.

Antibiotik, yang digunakan untuk melawan infeksi bakteri, menyerang dinding sel bakteri, menghambat produksi protein, dan menghentikan bakteri untuk bereproduksi. Tetapi mereka tidak efektif melawan infeksi virus, karena virus tidak melakukan proses itu sendiri. Sebaliknya, virus perlu menyerang dan mengambil alih sel inang untuk bereplikasi.

Tetapi virus tidak dapat membobol sel sembarang di dalam tubuh. Sebaliknya, salah satu proteinnya akan berikatan dengan protein lain, sama seperti kunci dengan lubang kunci, yang kemudian memungkinkan virus untuk membajak sel-sel tertentu.

Dengan wabah ini, virus corona yang disebut protein lonjakan utamanya cocok dengan 'kunci' yang ada pada sel paru. Itulah sebabnya Covid 19, penyakit yang disebabkannya, utamanya merupakan penyakit pernapasan.

Begitu invasi terjadi, sel pada intinya diubah menjadi pabrik yang menghasilkan ratusan salinan virus, berdasarkan instruksi yang disandikan dalam materi genetiknya, RNA, atau asam ribonukleat, dalam kasus virus corona.

"Ini pada dasarnya bertindak seperti pencuri di dalam sel, mencuri semua mesin seluler dan menggunakan kembali mesin itu untuk membuat lebih banyak virus," kata Glaunsinger.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement