Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Akselerator UMKM Berbagi Bantuan di Tengah Pandemi

Jumat 08 May 2020 18:29 WIB

Red: Fernan Rahadi

Sektor UMKM terdampak pandemi Covid-19

Sektor UMKM terdampak pandemi Covid-19

Foto: Tim Infografis Republika.co.id
Bantuan yang diberikan tersebut antara lain berupa 80 ribu kebutuhan harian

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pandemi virus corona covid-19 masih belum jelas kapan akan berakhir.  Tak hanya mengganggu kesehatan, wabah yang saat ini tengah melanda dunia dan Indonesia juga telah memberikan dampak yang sangat besar bagi sosial dan ekonomi.  

Menurut data dari Kementerian Keuangan baru-baru ini di Jakarta menyebutkan bahwa di Indonesia, diprediksi  akan ada penambahan orang miskin sekitar  3,78 juta orang dan kenaikan angka pengangguran hingga 5,2 juta orang akibat wabah ini.  

Namun, di tengah kegelisahan menghadapi virus ini, jiwa sosial orang kian tumbuh untuk saling membantu mereka yang terdampak. Banyak cara yang dilakukan orang mulai dari mengumpulkan dana untuk membeli alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis hingga sekedar membagikan makanan pada mereka yang mengalami kesulitan ekonomi karena penghasilan berkurang.

Salah satunya adalah apa yang dilakukan oleh GK Hebat, akselerator yang membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnisnya, seperti Sang Pisang, Ternakopi, Markobar, Yang Ayam, Siap Mas!, dan sekolah coding Enigma Bootcamp.  

Berkolaborasi dengan Sinarmas Mining, Astra International, Alfamart, Wings, GK|Plug & Play Indonesia, Viral, dan Bolong.id, GK Hebat mengusung kampanye sosial bertajuk ‘Berbagi Kehebatan Untuk Indonesia’, membantu meringankan beban tenaga medis, driver ojol yang kian hari kian sepi orderan dan masyarakat 

Menurut CMO GK Hebat, Ansari Kadir, ada kebutuhan mendesak bagi semua pihak untuk bekerja bersama dan memberi dukungan di mana pun kita bisa.  "Menanggapi kondisi bangsa yang tengah dilanda  pandemi ini, kami berinisiatif untuk mengambil langkah membantu para  tenaga medis, driver ojol dan  masyarakat kurang mampu yang terdampak secara langsung," katanya dalam siaran persnya, Jumat (8/5).

Bantuan yang diberikan tersebut antara lain berupa 80 ribu sejumlah kebutuhan harian antara lain, beras, makanan jadi yang merupakan produk-produk kuliner GK Hebat, serta alat pelindung diri dari pandemi ini, seperti hand sanitizer dan masker. Kampanye sosial yang berjalan selama tiga bulan ini menargetkan Jakarta, Bandung dan Solo sebagai kota-kota yang dialiri bantuan.

Lebih lanjut, Ansari yang kerap dipanggil Arie mengatakan, kampanye sosial Berbagi Kehebatan Untuk Indonesia telah mulai dilakukan sejak Maret kemarin dan akan berakhir hingga akhir Mei 2020, namun tidak tertutup kemungkinan untuk terus diperpanjang.  "Selain bekerja sama dengan beberapa partner strategis kami, GK Hebat juga mengajak para donatur untuk turut berpartisipasi dalam program ini, karena kami yakin bahwa satu perbuatan baik yang kita lakukan, dapat mengubah segalanya," ujarnya.

Sementara itu, Business Advisory and Strategic GK Hebat, Anthony Gan, mengatakan, sangat mendukung kampanye ini karena sejalan dengan misi untuk meringankan pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi pandemi virus Corona Covid-19.  "Kami berharap pandemi ini segera berakhir dan masyarakat dapat kembali beraktivitas secara normal," ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA