Jumat 08 May 2020 13:21 WIB

Tiga Pasien di Rumah Lawan Covid Tangsel Dipulangkan

Ketiga pasien itu dinyatakan ODP dan PDP lantaran keluarganya positif Covid-19.

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Mas Alamil Huda
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.
Foto: Republika/Abdurrahman Rabbani
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Tiga pasien yang dirawat di Rumah Lawan Covid-19 Tangerang Selatan, kembali dinyatakan sembuh. Ketiga pasien yang terdiri dari dua orang dalam pemantauan (ODP) dan satu pasien dalam pengawasan (PDP), dipulangkan setelah dilakukan pemantauan kurang lebih 14 hari.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak/ibu dokter dan perawat yang berada di Rumah Lawan Covid-19, di mana ada tiga pasien PDP dan ODP yang alhamdulillah setelah dilakukan pemantauan dinyatakan sudah negatif sehingga bisa ketemu dengan keluarganya," ujar Wali Kota Tangerang selatan Airin Rachmi Diany, Jumat (8/5).

Ketiga pasien itu dinyatakan telah terbebas dari Covid-19 dan bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. "Dan mudah-mudahan ini adalah satu ikhtiar kita untuk bisa memutus mata rantai Covid-19. Jadi, mereka kembali beraktivitas, setelah dinyatakan clear tidak ada lagi virus Covid-19 dalam dirinya," ungkap Airin. 

Sebelumnya, ketiga pasien tersebut dinyatakan ODP dan PDP lantaran ada keluarganya yang telah dinyatakan positif terlebih dahulu. Dengan demikian, mereka akhirnya dikarantina dan dirawat di Rumah Lawan Covid-19.

"Karena mereka tidak bisa karantina mandiri di rumahnya, sebab tidak ada siapa-siapa. Kemarin mereka menyatakan tidak bisa karantina mandiri dan akhirnya dikarantina di sini. Hingga ahamdulillah mereka sembuh, jadi nggak usah dikarantina lagi," jelasnya.

Meski demikian, Airin tetap meminta kepada ketiga pasien itu untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. "Jadi masih bisa melakukan aktivitas, tapi dengan melakukan social distancing, physical distancing, kalau keluar rumah pakai masker, keluar rumah seperlunya saja, kan kita lagi PSBB di Tangsel,” kata Airin.

Sementara itu, Koordinator Rumah Lawan Covid-19, Suhara Manullang, mengatakan, masih ada sekitar 10 pasien saat ini yang sedang menjalani masa karantina di Rumah Lawan Covid-19. "Totalnya 25 orang. Satu dirujuk, kemudian yang sudah dikembalikan ke rumahnya ada 11, sekarang bertambah tiga dikembalikan ke rumahnya. Berartikan 15 yang sudah pulang. Tinggal 10 pasien lagi yang masih dikarantina," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement