Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Ramadhan Daring, SD Bosowa Bina Insani Tekankan 4 Hal

Jumat 08 May 2020 12:19 WIB

Red: Irwan Kelana

Kepala SD Bosowa Bina Insani, Dr M Sudrajat MPd mengisi materi Ramadhan daring.

Kepala SD Bosowa Bina Insani, Dr M Sudrajat MPd mengisi materi Ramadhan daring.

Foto: Dok SBBI
Dua di antaranya pembelajaran ibadah dan perkuat karakter Islami.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- SD Bosowa Bina Insani, Bogor,  sejak  tanggal 27 Maret 2020 mengadakan  kegiatan Ramadhan dari rumah (daring) dipandu oleh guru Agama, guru Tilawati, guru PJOK dan guru kelas masing-masing. Kegiatan Ramadhan daring itu diikuti seluruh siswa dari kelas 1 sampai kelas 6. 

“Program Ramadhan daring telah dipersiapkan oleh Tim Pendidikan Agama Islam  (PAI)  Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI) di bawah arahan Tim Kurikulum,” kata Kepala SD Bosowa Bina Insani, Dr M Sudrajat MPd dalam keterangan yang diterima Republika.co.id.

Ia mengemumakan, materi Ramadhan daring itu dibagi menjadi empat hal. Pertama, berupa tayangan video dari guru-guru Agama Islam (termasuk dari Kepala Sekolah) untuk menambah pengetahuan siswa dalam bidang  ibadah.  Adapun tema-temanya adalah Puasa dan Zakat Fitrah (oleh Dr M Sudrajat MPd); serta Wudhu dan Shalat Sunah (Ustadz Asyhari dan Ustadz  Agung).

Kedua, membangun karakter Islami yang dipandu oleh Tim Tilawati. "Bentuknya berupa tadarus bersama, hafalan Quran,  dan menulis ayat Alquran," ujarnya.  

Ketiga, praktik ibadah dan sosial. Dalam hal ini, termasuk  praktik wudhu; berzakat, infak dan sedekah  via transfer; dan baksos via transfer untuk warga yang terdampak Covid-19. 

“Terkait zakat, infak dan sedekah, program ini tidak hanya ditujukan kepada para siswa. Kami juga menghimbau para guru agar  berzakat, infak dan sedekah melalui sekolah  sebagai bukti empati dengan saudara-saudara  kita yang terkena dampak Covid-19,” paparnya.

Adapun yang keempat, kata Sudrajat, tayangan film Islami. “Alhamdulillah, berdasarkan evaluasi oleh Kepala Sekolah dan guru-guru SD Bosowa Bina Insani, dan Manajer PAI Sekolah Bosowa Bina Insani, sejauh ini program Ramadhan daring SD Bosowa Bina Insani berjalan dengan baik,” tuturnya.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA