Jumat 08 May 2020 10:44 WIB

Cara Mengurangi Konsumsi Junk Food Selama Karantina

Banyak orang tak sadar sudah mengonsumsi junk food berlebihan selama karantina.

 Banyak orang tak sadar sudah mengonsumsi junk food berlebihan selama karantina (Foto: ilustrasi makanan junk food)
Foto: Flickr
Banyak orang tak sadar sudah mengonsumsi junk food berlebihan selama karantina (Foto: ilustrasi makanan junk food)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan tak sehat, salah satunya junk food, terkadang bisa membuat ketagihan. Terlebih, dalam kondisi Ramadhan di rumah saja dan karantina, banyak orang tak sadar sudah mengonsumsi junk food berlebihan.

Sebut saja, perasaan terbuai dengan waktu santai di rumah membuat orang mudah melakukan pesan antar makanan junk food. Padahal, mengonsumsi jenis makanan ini secara berlebihan sangat tidak dianjurkan.

Baca Juga

Melansir laman medical daily, Jumat (8/5), ada cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi konsumsi makanan tak sehat ini, termasuk saat Ramadhan seperti sekarang. Cara menghindari konsumsi junk food juga tergolong mudah.

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, jalan cepat selama 15 menit bisa menurunkan hasrat menyantap kudapan tidak sehat. Kemudian, setiap kali merasakan lapar dan ingin junk food, minumlah air.

Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan minum 64 ons air setiap hari. Jika saat ini sedang berpuasa, minumlah air putih setiap kali merasa lapar, bahkan setelah mengonsumsi makanan.

Kita juga bisa menentukan waktu untuk memuaskan sebagian keinginan pada kudapan tak sehat. Ini bisa memudahkan Anda mengikuti rencana diet sehat.

Saat stres, tertekan, dan kesepian, hal ini bisa memicu ingatan yang terkait dengan makanan tertentu. Pemicu sensorik, baik itu bau atau visual, juga bisa membuat orang memanjakan mulutnya.

Waspadai pemicu-pemicu ini, terutama selama pandemik COVID-19. Ketahuilah makanan tidak dapat menggantikan dan mengubah perasaan tidak bahagia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement