Jumat 08 May 2020 07:05 WIB

Selain Ferdian Paleka, Polisi Turut Amankan Paman Pelaku

Ferdian diamankan di Tol Jakarta-Merak setelah keluar dari Pelabuhan Merak

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Gita Amanda
Youtuber Ferdian Paleka yang dilaporkan ke polisi setelah mengelabui waria dengan donasi paket sembako berisi sampah.
Foto: Youtube
Youtuber Ferdian Paleka yang dilaporkan ke polisi setelah mengelabui waria dengan donasi paket sembako berisi sampah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jajaran Satreskrim Polrestabes Bandung dan tim Jatanras Polda Jawa Barat berhasil menangkap Youtuber, Ferdian Paleka di Tol Jakarta-Merak, wilayah Tangerang, Jumat (8/5) dini hari. Diketahui, Ferdian merupakan sosok yang membuat prank pemberian sembako berisi sampah ke para waria, Kamis (30/4) lalu.

"Target diamankan di Tol Jakarta-Merak daerah Tangerang, setelah keluar Pelabuhan Merak sekitar jam 01.00 Wib," ujar Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri saat dihubungi melalui pesan singkat, Jumat (8/5).

 

Menurutnya, pihaknya juga mengamankan Aidil dan Jamaludin yang merupakan Pakde (paman/om) dari Ferdian. Katanya, saat ini para pelaku sementara dibawa ke ditreskrimum Polda Jawa Barat. 

 

"Untuk info awal bahwa para tersangka kasus prank sudah diamankan semua," katanya.

 

Sebelumnya, polisi telah mengamankan Tubagus Fahddinar, rekan Ferdian Paleka yang terlibat dalam aksi prank pemberian sembako berisi sampah kepada waria. Pelaku yang sudah ditetapkan sebagai tersangka ditahan di Polrestabes Bandung.

 

Pelaku dikenakan pasal Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. Sedangkan terhadap pelaku utama yaitu Ferdian Paleka dikenakan pasal yang sama yaitu UU ITE tersebut.

 

Sebelumnya, Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya menyebutkan bahwa pihaknya melakukan pencarian terhadap pelaku hingga ke Bogor. Ia meminta agar para konten kreator atau yang aktif di Youtube untuk bijaksana membuat video khususnya di tengah masa pandemi corona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement