Jumat 08 May 2020 04:34 WIB

Kodam Kerahkan Helikopter demi Bagikan Bansos ke Masyarakat

Kodam Tanjungpura membantu Pemprov Kalbar membagikan beras ke warga terdampak corona.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Helikopter Bell 412EP milik Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad).
Foto: Republika/Erik Purnama Putra
Helikopter Bell 412EP milik Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad).

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Kodam XII/Tanjungpura membantu Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) dalam mendistribusikan bantuan sosial (bansos) berbentuk beras bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Desa Sungkung 3, Kecamatan Siding, Kabupaten Sanggau menggunakan helikopter.

"Pengiriman bantuan beras diangkut menggunakan helikopter dari Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Bru melalui Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau menuju Desa Sungkung 3," kata Kapendam XII/TprKolonel (Inf) Aulia Fahmi Dalimunthe, di Kota Pontianak, Kamis (7/4).

Menurut dia, wilayah Sungkung 3 ini jaraknya lebih dekat dari Kecamatan Entikong daripada ke ibu kota kecamatannya sendiri, yaitu Kecamatan Siding, dan wilayah itu saat ini sulit diakses kendaraan melalui jalan darat, terlebih pada musim hujan, jalannya berlumpur dan sangat licin.

Aulia mengatakan, helikopter yang dikomandoi oleh Kapten Cpn Fadli Akbar Sirait, Letda Cpn (K) Alberta Injilia, dan dua kru lainnya mendarat di lapangan Dusun Senoleng, Desa Sungkung 3, Kecamatan Siding. "Menggunakan helikopter jenis Bell, bantuan beras ini diangkut agar manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat Sungkung 3," katanya.

Aulia menambahkan, untuk setiap kali terbang helikopter mampu membawa sebanyak 50 karung beras. Usai diturunkan dari helikopter, selanjutnya beras dibawa oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan perangkat desa serta masyarakat untuk disimpan di tempat yang sudah disediakan yang kemudian dibagikan pada masyarakat.

"Hari ini helikopter hanya melaksanakan dua kali droping beras ke Sungkung 3, ini dilakukan demi faktor keamanan karena cuaca sudah mulai mendung. Sampai saat sekarang beras yang sudah sampai di Sungkung 3 sebanyak satu ton," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement