Jumat 08 May 2020 01:22 WIB

Pasien Positif Covid-19 di Kota Batu Terus Bertambah

Ada tambahan satu pasien positif Covid-19 di Kota Batu pada Kamis (7/5)

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Christiyaningsih
Ada tambahan satu pasien positif Covid-19 di Kota Batu pada Kamis (7/5). Ilustrasi.
Foto: Antara/Aji Styawan
Ada tambahan satu pasien positif Covid-19 di Kota Batu pada Kamis (7/5). Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Batu terus bertambah. Berdasarkan laporan Satgas Covid-19, terdapat tambahan satu pasien pada Kamis (7/5).

Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Batu, M Chori, menjelaskan tambahan pasien konfirmasi positif Covid-19 kelima berjenis kelamin laki-laki. Pasien berusia 37 tahun tersebut merupakan warga asal Desa Mojorejo. Dari catatan medis, pasien sempat mengeluh demam dan penyakit penyerta hipertensi pada 16 April 2020.

Baca Juga

Pasien baru menjalani uji cepat (rapid test) pada 23 April lalu di IGD RS Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Akan tetapi hasil uji cepatnya saat itu masih nonreaktif. Namun pemeriksaan pasien tidak berhenti begitu saja mengingat pasien ternyata memiliki gejala pneumonia.

"Dan ada riwayat perjalanan Batu-Sidoarjo karena bekerja di salah satu perusahaan farmasi di Krian, Sidoarjo maka harus menjalani perawatan di RS UMM," jelas Chori melalui pesan singkat kepada wartawan, Kamis malam (7/5).

Selanjutnya, pasien menjalani uji kerik (swab test) pada 25 April 2020. Karena kondisi kesehatan membaik, pasien sempat dipulangkan pada 28 April 2020. Namun pasien tetap diminta isolasi mandiri sejak tanggal tersebut.

"Dan hari ini hasil swab test keluar dan dinyatakan positif sehingga yang bersangkutan dievakuasi ke RS Karsa Husada untuk menjalani perawatan," terang Chori.

Total terdapat lima pasien positif Covid-19 di Kota Batu per 7 Mei 2020. Empat di antaranya masih dalam perawatan sedangkan lainnya sudah dinyatakan sembuh. Sementara jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 47 orang dan 214 jiwa masuk dalam daftar Orang dalam Pemantauan (ODP).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement