Jumat 08 May 2020 02:09 WIB

PLN Terangi Empat Dusun di Sulawesi Selatan

Menyalanya listrik diharapkan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat

PT Perusahaan Listrik Negara (persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar kembali berhasil mengaliri listrik dan menerangi empat dusun di Provinsi Sulawesi Selatan.
Foto: Thoudy Badai/Republika
PT Perusahaan Listrik Negara (persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar kembali berhasil mengaliri listrik dan menerangi empat dusun di Provinsi Sulawesi Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- PT Perusahaan Listrik Negara (persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar kembali berhasil mengaliri listrik dan menerangi empat dusun di Provinsi Sulawesi Selatan meski virus corona tengah melanda berbagai daerah. Salah satu dusun yang dimaksud yaitu Dusun Palacari, Desa Salebba, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, yang telah berhasil dioperasikan PLN, Kamis (7/5).

Turut hadir pada pengoperasian tersebut yakni Manager PLN UP3 Watampone Hafazah, Supervisor Konstruksi PLN UP3 Watampone Yusdi, Supervisor Teknik PLN ULP Hasanuddin Jasman. Manager PLN UP3 Watampone Hafazah berharap dengan menyalanya listrik di dusun dapat meningkatkan taraf ekonomi dan pendidikan masyarakat.

Baca Juga

"Di tengah pandemi inilah yang bisa PLN berikan agar masyarakat bisa menikmati listrik. Semoga listrik ini dapat bermanfaat bagi warga dusun dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Hafazah.

Pembangunan infrastruktur untuk mengalirkan listrik ke Dusun Palacari bukanlah tanpa perjuangan bagi petugas PLN. Lokasinya yang terpencil hingga akses jalan yang terjal menjadi tantangan dalam proses pembangunannya.

Dengan jumlah 50 pelanggan, kata dia, PLN memasang 1 Gardu Distribusi dengan daya 50 kVA. Tidak hanya itu PLN juga menarik Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 5,75 kms dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang dua kms.

Sementara Kepala Dusun Palacari Akka menyampaikan terima kasih dan berharap listrik bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat di dusunnya. "Listrik menjadi salah satu kebutuhan mendasar masyarakat dan menjadi kewajiban kita semua untuk menjaganya. Mudah-mudahan hadirnya listrik bisa meningkatkan ekonomi warga kami," ujar Akka.

Selain Dusun Palacari, PLN berhasil mengalirkan listrik ke tiga dusun wilayah Sulawesi Selatan yaitu Dusun Korong, Desa Saohiring, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, dengan jumlah 50 pelanggan.

Ada juga di Kabupaten Gowa tepatnya Desa Baturappe, Kecamatan Buring Bulu, dengan jumlah 11 pelanggan. Selain itu Dusun Batang Palli, Desa Sa'dan Tiroallo, Kecamatan Sa'dan, Kabupaten Toraja Utara dengan jumlah 30 pelanggan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement