Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

KPM Hadirkan Pelatihan Online Matematika Nalaria Realistik

Kamis 07 May 2020 17:41 WIB

Red: Gita Amanda

Pelatihan online Matematika Nalaria Realistik untuk guru.

Pelatihan online Matematika Nalaria Realistik untuk guru.

Foto: Klinik Pendidikan MIPA
Pelatihan agar memudahkan para guru dalam rangka menerapkan belajar dari rumah

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Tak ada kata berhenti untuk belajar. Ungkapan tersebut nampaknya layak disematkan kepada para insan pendidik di Indonesia. Meskipun di tengah pandemi Covid-19 dan pembatasan setiap aktivitas khususnya di dunia pendidikan, para guru tetap semangat melakukan aktivitas belajar mengajar tanpa bertatap muka atau dilakukan secara daring (online).

Untuk mendukung proses pembelajaran Matematika di rumah, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) akan menggelar Pelatihan Online konsep pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR). Hal ini dilakukan demi memberikan solusi atas kebutuhan peningkatan ilmu pengetahuan di bidang Matematika agar memudahkan para guru dalam rangka menerapkan belajar dari rumah.

Pelatihan yang akan diselenggarakan selama tiga hari, yaitu tanggal 12-14 Mei 2020, turut menghadirkan sosok yang kerap mengisi program Gemar Matematika TVRI, Ridwan Hasan Saputra (RHS). Adapun untuk waktu pelaksanaan dibagi menjadi dua sesi, yakni pada pukul 09.00 – 11.00 WIB dan pukul 13.00-15.00 WIB.

RHS yang juga merupakan pelatih olimpiade Matematika tingkat nasional dan internasional akan berbagi ilmu konsep pembelajaran MNR. Adapun tahapan dalam proses pembelajaran MNR adalah Masalah Nyata, Pemahaman Konsep, Penalaran Komunikasi, Pemecahan Masalah, Eksplorasi Matematika, Metode Diagram, dan Strategi Pemecahan Masalah.

“Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap individu, terutama bagi seorang guru. Salah satunya adalah mempelajari ilmu Matematika. Pelatihan ini menjadi sebuah kesempatan emas bagi guru dan orang tua karena akan mendalami ilmu Matematika langsung dari pakarnya,” ungkap Kepala Divisi Pelatihan, M. Fachri dalam keterangan tertulis.

Bagaimana cara mendaftarnya? Para peserta cukup melakukan proses pendaftaran dari rumah saja melalui laman web www.kpm.read1institute.org atau menghubungi 0812 8188 2562 (Pak Ihsan). Pendaftaran bisa dilakukan secara kolektif untuk satu sekolah. Jadi, tunggu apalagi daftarkan segera!

Selain kegiatan Pelatihan MNR, ada beberapa kegiatan yang sedang dan akan dilaksanakan KPM dalam rangka menemani siswa dan guru belajar di rumah, di antaranya, Seminar motivasi Suprarasional untuk guru dan Kepala Sekolah, Seminar Bagaimana Agar Belajar Matematika Jadi Menyenangkan, Seminar Tips Bekerja di Musim PHK, Ngabuburit MIPA hingga Pesantren Online MIPA.

Informasi dan pendaftaran untuk mengikuti kegiatan tersebut dapat menghubungi 0812 8188 2562 atau 0813 1952 2361.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA