Kamis 07 May 2020 16:27 WIB

Moeldoko Apresiasi The Jakmania Ikut Amankan Ibu Kota

The Jakmania melakukan penggalangan donasi anggota untuk bantuan sembako.

The Jakmania. Kelompok suporter klub sepak bola ibu kota Persija Jakarta, The Jakmania, ikut aktif bersama Program 10 Rumah Aman untuk mengamankan ibu kota dari bahaya pandemi Covid-19.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
The Jakmania. Kelompok suporter klub sepak bola ibu kota Persija Jakarta, The Jakmania, ikut aktif bersama Program 10 Rumah Aman untuk mengamankan ibu kota dari bahaya pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Presiden Moeldoko mengapresiasi kelompok suporter klub sepak bola ibu kota Persija Jakarta, The Jakmania, ikut aktif bersama Program 10 Rumah Aman untuk mengamankan ibu kota dari bahaya pandemi Covid-19. Moeldoko menyebut tindakan tersebut menunjukkan bahwa The Jakmania terus memberikan inspirasi. 

"Mereka terus mengamankan wilayahnya masing-masing dari pandemi Covid-19,” kata Moeldoko dalam keterangannya, Kamis (7/5).

Baca Juga

Aksi kemanusiaan dilakukan The Jakmania Kebagusan bersama Program 10 Rumah Aman, dalam agenda Milad 1 Tahun The Jakmania Kebagusan. Mereka melakukan penggalangan donasi anggota lalu dibelanjakan sembako untuk didistribusikan pada warga yang terdampak Covid-19.

”Lebih dari itu, mereka mengembangkan jiwa solidaritas melalui berbagai aksi amal. Dengan bergotong royong, semua problem pasti akan diselesaikan,” kata Moeldoko.

Korwil The Jakmania Kebagusan, Jakarta Selatan, Ronaldo Marcofan Basten, mengatakanacara Perayaan Milad 1 Tahun The Jakmania Kebagusan dilakukan dengan cara berbeda. Merespon kebijakan pemerintah terkait penanganan Covid-19, perayaan tersebut dilakukan dengan #DiRumahSaja.

Kendati demikian, The Jakmania tetap berupaya menggalang amal berupa sembako dari 227 anggota aktifnya. Sembako ini nantinya dikumpulkan melalui iuran anggotanya dengan nilai minimal Rp 40 ribu per orang.

“Kami menghindari adanya keramaian dan kerumunan massa saat memperingati 1 tahun The Jakmania Kebagusan. Sebab, semua sedang menjalankan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Rencana amal ini sudah diumumkan. Rapat pembahasan ini juga sudah dilakukan secara online. Dilakukan dari rumah masing-masing, kami memanfaatkan fasilitas video call. Apalagi, pesertanya bisa banyak,” katanya.

Melalui Program 10 Rumah Aman, kelompok itu secara gotong royong menggalang amal dan mendistribusikan bantuan sembako dibantu aktivis Dasa Wisma kepada sesama yang membutuhkan. “Kami belajar banyak dari program 10 Rumah Aman. Semoga apa yang kami lakukan bisa meringankan beban saudara kita yang terdampak COVID-19 secara ekonomi. Apalagi, ada banyak saudara di sekitar kita yang butuh uluran tangan secara ekonomi. Kami sangat optimistis, angka donasi yang terkumpul akan maksimal. Bisa melebihi perkiraan sementara jumlah total minimal tersebut,” kata Ronaldo.

Sembari menyiapkan amal, The Jakmania Kebagusan pun terus menjalankan program 10 Rumah Aman. Bahu-membahu bersama warga Kebagusan 1, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, The Jakmania Kebagusan rutin melakukan penyemprotan disinfektan. 

Lokasi penyemprotannya tahap awal dilakukan di 4 Rukun Tetangga (RT) mulai dari RT 04 hingga RT 07 yang masuk area Rukun Warga (RW) 01. Penyemprotan dilakukan oleh 27 anggota The Jakmania Kebagusan. Selain rumah warga, penyemprotan disinfektan juga menyasar fasilitas umum meliputi rumah ibadah, sekolah, dan fasilitas publik lainnya.

“Kami ikut membantu penyemprotan disinfektan. Peralatan di sini sangat lengkap. Selain RW, setiap RT juga memiliki peralatannya sendiri. Mereka mandiri dalam pengadaan alat. Bahkan, alat pelindung diri juga tersedia. Pokoknya mereka sudah siap 100 persen untuk menghentikan pandemi Covid-19. Kami yakin Jakarta akan menjadi kota yang sehat kembali. Zona hijau Covid-19,” kata Ronaldo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement