Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

Ciri Telur yang Sehat Dikonsumsi

Kamis 07 May 2020 13:40 WIB

Red: Indira Rezkisari

Pekerja menata telur ayam di salah satu agen sembako. Pastikan membeli telur dalam kondisi sehat.

Pekerja menata telur ayam di salah satu agen sembako. Pastikan membeli telur dalam kondisi sehat.

Foto: Republika/Prayogi
Cangkang kulit telur warnanya harus sesuai jenis unggasnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di masa pandemi virus corona baru (Covid-19) seperti saat ini penting untuk memastikan makanan yang dikonsumsi aman dan sehat. Khusus untuk telur, ada beberapa cara mengenali ciri telur yang sehat dikonsumsi.

Menurut Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH), telur yang sehat memiliki sejumlah ciri. Di antaranya warna cangkang kulit telur sesuai jenis unggasnya.

Untuk telur bebek berwarna biru dengan bobot 55-65 gram. Telur ayam lokal atau buras berwarna putih kecokelatan berbobot 40-50 gram.

Telur ayam arab berwarna putih seberat 45-55 gram. Telur ayam ras berwarna cokelat seberat 50-60 gram. Telur ayam bibit kurang dari 50 gram.

Telur sehat memiliki permukaan cangkang yang halus, mengilap, tidak retak dan tidak ada kotoran ayam, noda hitam maupun pengapuran.

Ciri telur yang baik juga bisa diamati menggunakan larutan garam. Telur yang baik akan tenggelam dalam larutan garam 10 persen, sementara telur yang jelek akan mengapung karena banyak terdapat kantung udara.

Banyaknya kantung udara pada telur mengindikasikan bahwa telur sudah berusia lama.

Saat dipecahkan, telur ayam yang baru dan masih sehat dikonsumsi akan memiliki batas tebal antara putih telur dan kuning telur yang jelas. Bentuk kuning telur tepat di posisi tengah putih telur dan bentuknya bulat.

Sementara telur ayam yang sudah lama sudah tidak begitu memiliki batas tebal antara putih telur dan kuning telur. Ada bercak darah atau benda asing di putih telur. Bentuk kuning telur di posisi pinggir putih telur dan bentuknya tidak lagi bulat.




Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA