Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Asisten Fergie Gembleng Cristiano Ronaldo Jadi Sosok Tangguh

Kamis 07 May 2020 09:15 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah

Cristiano Ronaldo saat masih membela Manchester United.

Cristiano Ronaldo saat masih membela Manchester United.

Foto: EPA/STEVE WOODS
Ronaldo didatangkan MU dari Sporting Lisbon pada 2003 ketika usianya masih 18 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan pemain Manchester United (MU) Darren Fletcher mengungkapkan bagaimana Cristiano Ronaldo tumbuh menjadi pesepak bola yang kuat bersama Setan Merah. Ronaldo didatangkan MU dari Sporting Lisbon pada 2003 ketika usianya masih 18 tahun.

Fletcher mengatakan, asisten Sir Alex Ferguson, Walter Smith adalah sosok yang turut membantu Ronaldo berkembang pada awal-awal berseragam MU. Smith orang yang memaksa Ronaldo dapat memindahkan bola dengan cepat ketika latihan.

Menurut Fletcher, Ronaldo sempat tak suka dengan cara Smith tersebut. Meski demikian, Ronaldo dengan cepat mengetahui dengan cepat bahwa perintah Smith menguntungkan kinerjanya di lapangan.

Baca Juga

"Dia (Ronaldo) mungkin bersyukur datang ke lingkungan itu karena membuatnya menjadi pemenang," kata Fletcher kepada The Lockdown Tactics, dilansir dari Metro, Kamis (7/5).

Fletcher mengatakan Ronaldo merupakan sosok pekerja keras. Ia dengan cepat belajar bahasa Inggris ketika berseragam MU. Setiap hari pemain asal Portugal itu berlatih ekstra dan selalu membawa beban pergelangan kaki untuk berlatih sehingga tak heran dalan permainan ia merasa lebih tajam dan ringan.

Usaha yang ditunjukkan Ronaldo adalah sebuah tekad menjadi pemain terbaik dunia. Rasa frustrasi di awal kariernya bersama MU serta fisiknya yang masih kurus tak menjadikannya Ronaldo kehilangan motivasi menjadi pemain terbaik dunia.

“Dengar, dia juga mengalami kesulitan di ruang ganti. Ada saat-saat dia memegang bola terlalu banyak dan pengambilan keputusannya belum ada di sana. Dia memiliki waktu yang sulit, dia diberitahu beberapa kebenaran di rumah,” ujarnya.

Ronaldo, lanjut Fletcher, tumbuh dengan latihan mandiri selama bertahun-tahun. Itu menunjukkan seseorang yang sangat profesional dan berdedikasi. Lingkungan yang ada di MU saat itu dinilai juga membantu perkembangan Ronaldo.

Oleh karena itu, Fletcher menegaskan pengaruh Smith dalam perkembangan permainan Ronaldo cukup besar. Tak hanya kepada mantan pemain Real Madrid itu tapi juga kepada seluruh pemain. Ia mengerti bagaimana memadukan kekuatan fisik dengan kecepatan serta mengalirkan bola lebih cepat akan menghasilkan hasil luar biasa.

“Anda berbicara tentang Alex Ferguson, Walter Smith ada di sana di samping Alex Ferguson, izinkan saya memberi tahu Anda. Manajer yang luar biasa dan pria hebat. Dia memiliki dampak besar di Man United dalam enam bulan, semua pemain masih memuji dia. Seorang pria dan pelatih yang fantastis," tuturnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA