Kamis 07 May 2020 04:53 WIB

Rapid Test Enam Orang Jamaah Tarawih di Sidoarjo Reaktif

Hasil rapid test enam orang yang melaksanakan tarawih berjamaah di Sidoarjo reaktif.

Rapid test (ilustrasi)
Foto: ANTARA/BAYU PRATAMA S
Rapid test (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Sebanyak enam orang dari 123 orang jamaah tarawih di Masjid Al Ikhlas, Bluru, Sidoarjo, Jawa Timur, menunjukkan hasil reaktif saat dilakukan tes cepat (rapid test). Tes swab kemudian dilakukan terhadap enam orang itu untuk mengetahui secara pasti apakah mereka terjangkit Covid 19 atau tidak.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji mengatakan enam orang itu dilakukan tes cepat usai mengikuti shalat tarawih di masjid setempat. "Hasilnya dari 123 orang yang dilakukan rapid test, enam orang di antaranya menunjukkan hasil reaktif yang terdiri dari empat orang pria dan dua perempuan," katanya, Rabu (6/5) malam 

Baca Juga

Sumardji mengatakan, tidak hanya di Masjid Al Ikhlas, di Bluru, tes cepat juga dilakukan di Masjid Baitul Syakur yang berada di jalan Raya Tropodo, Waru, Sidoarjo. "Di sana, sebanyak 29 orang dilakukan rapid test usai menunaikan shalat tarawih. Hasilnya, semua non-reaktif," katanya.

Ia mengatakan, enam orang itu selanjutnya akan menjalani tes swab untuk mengetahui apakah mereka positif Covid 19 atau tidak. Sumardji mengungkapkan masih banyak masyarakat yang membandel dengan nongkrong, apalagi keluar malam tanpa ada alasan yang jelas, meskipun sudah dilakukan jam malam selama pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Satpol PP harusnya menutup tempat usaha karena yang punya kewenangan menutup Satpol PP, Polri dan TNI akan mem-backup," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Syaf Satriawarman mengatakan pihaknya akan terus menggencarkan tes cepat kepada masyarakat. "Lokasinya juga menyebar di berbagai area di Sidoarjo," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement