Rabu 06 May 2020 13:34 WIB

Sempat Diklaim Zona Hijau, Solsel Kini Ada 3 Positif Covid

Solok Selatan sempat diklaim sebagai zona hijau atau daerah paling aman Covid-19

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Plt Bupati Solok Selatan Abdul Rahman umumkan 3 kasus positif covid-19 pertama di Solsel
Foto: Dok Pemkab Solsel
Plt Bupati Solok Selatan Abdul Rahman umumkan 3 kasus positif covid-19 pertama di Solsel

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG ARO - Kabupaten Solok Selatan hari ini, Rabu (6/5) mengumumkan tiga kasus positif covid-19. Ini adalah pertama kalinya gugus tugas penanganan covid-19 di Solok Selatan. Hingga kemarin, Selasa (5/5) Solok Selatan diklaim sebagai zona hijau atau daerah paling aman dari penularan virus corona. Klaim aman itu didapatkan Solsel usai dilakukan pool test.

"Untuk pertama kalinya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Solok Selatan mengumumkan 3 orang warganya yang positif terkena Covid-19 pada Rabu 6 Mei 2020. Hasil positif tersebut berdasarkan hasil SWAB yang dikirim ke Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand," kata Pelaksana Tugas Bupati Solok Selatan Abdul Rahman.

Ketiga warga tersebut ialah perempuqn berinisial YT (55) yang berprofesi sebagai Guru. YT beralamat di Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD). Kedua perempuan berinisial  YS (80) yang merupakan ibu dari YT. Satu lagi laki-laki (18) berinisial AA (18) yang merupakan anak dari Yt.

YT sendiri dalam riwayatnya baru kembali dari perjalanan ke Padang pada 19 April silam. Dan selanjutnya saat ini, sesuai dengan SOP, Pemkab Solsel melakukan tracking mulai yang bersangkutan dalam perjalanan pulang pergi ke padang, tenaga medis serta masyarakat yang pernah berinteraksi. Disamping melakukan tracking, saat ini pihak terkait menyiapkan lokasi karantina dan juga perawatan yang bersangkutan.

Dalam kesempatan tersebut, Rahman kembali menghimbau masyarakat untuk tetap patuh terhadap berbagai himbauan yang telah disampaikan yakni untuk tidak bepergian jika tidak terlalu penting. Selain itu ia meminta warganya selalu menggunakan masker, dan protokol kesehatan lainnya seperti rutin cuci tangan dan menjaga jarak

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement