Rabu 06 May 2020 13:33 WIB

Ada Pasien HIV-AIDS di Papua Terjangkit Covid-19

Menurut dr Silwanus, pasien tersebut saat ini dalam perawatan paramedis.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr Silwanus Sumule.
Foto: Antara
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr Silwanus Sumule.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr Silwanus Sumule, menyatakan, sudah ada pasien HIV-AIDS di provinsi paling timur Indonesia tersebut yang terjangkit virus corona. "Memang ada laporan terkait adanya pasien HIV-AIDS yang terpapar virus corona penyebab Covid-19, dan saat ini dalam perawatan paramedis," katanya menjawab di Kota Jayapura, Kamis (6/5).

Hanya saja, Silwanus mengatakan, untuk jumlah dan di daerah mana pasien berada, pihaknya belum dapat menyampaikannya. Dia mengakui, dari laporan yang diterima pihaknya kondisi mereka stabil dan saat ini sudah dilakukan pengobatan.

Pasien tersebut juga tetap meminum antiretroviral (ARV), yakni obat-obatan yang dikonsumsi pengidap HIV-AIDS. Silwanus menambahkan, hingga saat ini di Provinsi Papua tercatat sebanyak 247 orang terjangkit virus corona, 180 orang lainnya dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan.

Tercatat 12 dari 29 kabupaten dan kota yang terjangkit Covid-19, yaitu kabupaten dan kota, yakni Kota Jayapura, KabupatenKeerom, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Merauke, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Boven Digul, Kabupaten Nabire, dan Kabupaten Biak dan Supiori, demikian penjelasan Silwanus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement