Rabu 06 May 2020 12:56 WIB

Jokowi Targetkan Kurva Covid-19 Bulan Ini Harus Turun

Menurut Jokowi, posisi bulan Juni dan Juli Covid-19 masuk posisi ringan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, kurva Covid-19 harus turun pada bulan Mei 2020 dengan cara apa pun sesuai dengan target yang ditetapkan. "Target kita di bulan Mei ini harus betul-betul tercapai sesuai target yang kita berikan, yaitu kurvanya sudah harus turun dan masuk posisi sedang, bulan Juni dan bulan Juli masuk posisi ringan, dengan cara apa pun," ujar Presiden Jokowi dalam arahan sidang kabinet paripurna "Pagu Indikatif RAPBN Tahun Anggaran 2021" yang diselenggarakan melalui konferensi video dari Istana Merdeka Jakarta, Rabu (6/5).

Jokowi mengingatkan, fokus kerja utama bangsa Indonesia saat ini adalah mengendalikan Covid-19 secepat-cepatnya. Presiden memandang, negara yang menjadi pemenang adalah negara yang berhasil mengatasi pandemi corona.

"Untuk itu, semua menteri, kepala lembaga, panglima TNI, kapolri, saya minta mengerahkan semua energi, kekuatan, untuk mengendalikan Covid-19 dan menangani dampak-dampak yang menyertainya," ujarnya.

Jokowi menekankan, upaya menurunkan kurva Covid-19 tidak hanya dilakukan gugus tugas, tetapi juga melibatkan seluruh elemen bangsa, jajaran pemerintahan, organisasi sosial, organisasi kemasyarakatan, sukarelawan, parpol, dan sektor swasta. "Ini yang betul-betul harus 'didirigeni', 'diorkestrai' dengan baik. Saya yakin jika kita bersatu, kita disiplin menjalankan protokol kesehatan, semua rencana yang lalu sudah kita siapkan akan bisa mengatasi Covid-19 secepat-cepatnya," kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement