Rabu 06 May 2020 04:20 WIB

Sentuhan Anak Indonesia di Kaki Beckham dan Pogba

Rudi Swasto mendesain sepatu yang dipakai Beckham dan Pogba.

David Beckham
Foto: Reuters/Gonzalo Fuentes
David Beckham

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lapangan hijau menjadi panggung tersendiri bagi para seniman pengolah si kulit bundar. Di atas hamparan rumput hijau ini mereka beraksi memamerkan kerja sama tim dan keterampilan individunya.

Tidak jarang hasil akhir menjadi sama kuat. Dari 11 atlet yang bermain, satu dua individu mampu tampil sebagai pembeda. Hasil kekuatan olah kaki, ketepatan dalam melesatkan bola, hingga kelincahan kaki dalam menggocek menjadi hal yang biasanya dimiliki pemain pembeda tersebut.

Bagi penggemar sepak bola, siapa yang tidak kenal David Beckham. Sang gelandang masyhur karena mampu menempatkan bola dengan akurat sesuai keinginannya, baik dalam memberi umpan maupun melepas tendangan bebas. Generasi 90-an pasti akan mengenali bintang Manchester United (MU) tersebut.

Sekarang, MU memiliki bintang baru lagi yakni Paul Pogba. Anak hilang yang sempat hijrah ke Italia tersebut kembali ke Old Trafford menempati posisi yang mirip dengan Beckham.

Keduanya memberikan banyak prestasi bagi individu dan klub yang dibelanya. Namun, dalam kesuksesan bintang-bintang bola liga dunia tersebut, ada andil besar dari seorang pemuda Indonesia.

Rudi Swasto, adalah pemegang peran kesuksesan sejumlah bintang dunia. Keakuratan tendangan, kemolekan dribel bola, kecepatan lari, hingga hentakan lesatan bola yang kuat, sangat bergantung dari jenis sepatu yang dipakai. Rudi hadir dalam kesempatan tersebut sebagai desainer sepatu yang dipakai para bintang lapangan itu.

“Saya kecemplung saja secara kebetulan dapat mendesain sepatu milik para megabintang bola dunia. Kebetulan saya dikontrak oleh salah satu perusahaan sepatu asal Jerman sebagai desainernya,” kata pemuda asal Klaten, Jawa Tengah tersebut, dilansir dari Antara, Ahad (3/5).

Raksasa sepatu tersebut adalah Adidas, yang merancang sepatu terbaik sesuai dengan karakter kaki pemain. Selain Beckham dan Pogba, masih ada, David Silva, Mesut Oezil, Robin van Persie, Dani Alves, hingga Zinedine Zidane, adalah beberapa bintang dunia yang menggunakan sepatu dengan sentuhan karya Rudi.

“Khusus Van Persie, dia pernah pesan langsung dengan kebutuhannya sendiri melalui tim teknisnya. Van Persie menginginkan pool sepatunya lebih panjang dari yang lain, agar cengkeraman di tanah lebih kuat dan tidak mudah jatuh,” kata Rudi sembari menunjukkan alas sol sepatu yang pernah digunakan Van Persie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement