Rabu 06 May 2020 04:40 WIB

Pencurian Pecah Kaca di Bojongsari, Korban Bawa Rp 80 Juta

Pencuri sebelumnya memepet mobil korban yang parkir di pinggir jalan.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Ani Nursalikah
Garis Polisi. Ilustrasi
Foto: Antara
Garis Polisi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, korban pencurian dengan modus pecah kaca mobil yang terjadi di Bojongsari, Depok, Jawa Barat merupakan seorang wiraswasta bernama Ida Rosida (49 tahun). Yusri menyebut, korban diketahui baru saja mengambil uang tunai sebesar Rp 80 juta di sebuah bank di sekitar lokasi kejadian.

Sesaat sebelum kejadian, korban sedang mampir ke salah satu toko minyak wangi di tempat kejadian perkara (TKP). "Tokonya persis di seberang McDonald's, Bojongsari, Depok," kata Yusri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/5).

Baca Juga

Yusri mengungkapkan, saat itu mobil korban terparkir di depan toko minyak wangi tersebut. Tiba-tiba empat orang tidak dikenal memepet kendaraan korban.

Yusri menerangkan, empat orang tidak dikenal memepet kendaraan korban yang terparkir di pinggir jalan. "Menurut keterangan saksi, keempatnya menggunakan masker dan helm. Salah satunya naik sepeda motor berboncengan jenis Suzuki Satria Evo," ujar Yusri.

Setelah itu,salah satu pelaku turun dari motor dan memecahkan kaca mobil di bagian bangku penumpang sebelah kanan. Pelaku pun mengambil tas berisi uang senilai Rp 80 juta tersebut. Saat melakukan aksinya, pelaku sempat menodongkan senjata tajam (sajam) berupa badik.

"Pelaku menodongkan sajam badik kemudian merampas tas korban," ujar dia.

Pelaku kemudian berusaha melarikan diri dengan cara berlari. Namun, sopir yang sedang berada di dalam mobil itu mencoba mengejar pelaku.

Pelaku sempat terjatuh sehingga uang yang berada di dalam tas itu berhamburan di jalanan. Kini, polisi masih memburu keberadaan pelaku yang berhasil melarikan diri.

"Setelah dihitung di polsek, jumlah uang korban sisa Rp 77.200.000 dan yang hilang sebanyak Rp 2.800.000," ujar Yusri

Adapun sebelumnya peristiwa itu terekam dalam sebuah video dan viral di media sosial usai diunggah oleh akun Instagram @depok24jam. Pelaku yang diperkirakan berjumlah dua orang itu melakukan aksi perampasan tas penumpang mobil yang duduk di bangku tengah melalui jendela.

Dalam unggahan video itu tertulis keterangan penjambretan tersebut terjadi di sekitar restoran cepat saji McDonald's Bojongsari, Depok pukul 11.00 WIB. "Kronologi: ada seorang pemuda berboncengan dari arah Parung sepertinya udah diincer tas pengguna mobil dari jauh," tulis keterangan akun tersebut.

Berdasarkan rekaman video itu, setelah merampas tas yang ada di kursi tengah, seorang pelaku berusaha melarikan diri. Namun, aksinya itu diadang sopir mobil. Pelaku sempat lari ke tengah jalan dan terjatuh. Rekan pelaku yang mengendarai sepeda motor segera menghampiri dan keduanya berhasil melarikan diri dari amukan massa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement