Selasa 05 May 2020 23:22 WIB

Pengelola Diminta Tata Ulang Tempat Wisata Selama Pandemi

Pandemi Covid-19 harus jadi momentum para pengelola untuk evaluasi.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Endro Yuwanto
Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Frans Teguh.
Foto: Republika
Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Frans Teguh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penutupan destinasi wisata akibat pandemi Covid-19 harus menjadi momentum bagi para pengelola destinasi di tanah air untuk mengevaluasi dan menata ulang tempat wisatanya sehingga menghadirkan kesan yang lebih baik untuk wisatawan. Termasuk dengan mulai menerapkan pariwisata berkelanjutan.

Terlebih, akan hadirnya kondisi "new normal” atau tren baru dalam berwisata pascapandemi. Wisatawan akan lebih memperhatikan protokol-protokol wisata, terutama yang terkait dengan kesehatan, keamanan, kenyamanan, sustainable and responsible tourism, authentic digital ecosystem, dan lainnya.

"Hal-hal seperti ini akan menjadi platform kita ke depan, bagaimana pariwisata berkelanjutan jadi sebuah konsekuensi dari bagian pengembangan pariwisata," kata Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Frans Teguh, dalam keterangannya, Selasa (5/5). 

Frans menjelaskan, dalam penerapan pariwisata berkelanjutan sudah terdapat pedoman-pedoman yang dikeluarkan oleh Global Sustainable Tourism Council. Indonesia juga secara aktif berkoordinasi dengan UNWTO hingga terbentuknya Indonesia Sustainable Tourism Council (ISTC).

Pemerintah juga telah menyusun pedoman dalam penerapan pariwisata berkelanjutan, yakni melalui Permenpar Nomor 14 tahun 2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan.

Frans menuturkan, Kemenparekraf juga telah memiliki framework serta action plan hingga sertifikasi yang bekerja sama dengan universitas. Di mana, usaha tersebut diharapkan dapat menumbuhkan sustainable tourism destination di berbagai daerah tanah air.

"Hasilnya, sudah banyak sebenarnya penggiat pariwisata, pelaku desa wisata, serta komunitas yang telah berhasil menerapkan pariwisata berkelanjutan sehingga dapat memberikan nilai tambah dalam perkembangan ekonomi maupun pengembangan secara umum," kata Frans.

Hanya saja, kata Frans, untuk menerapkannya lebih luas lagi dibutuhkan kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan pariwisata. Kerja pariwisata berkelanjutan bukan hanya kerja sektoral, tapi harus menyeluruh baik masyarakat, pemerintah, akademisi dan lainnya atau yang biasa disebut pentahelix.

"Berbagai disiplin ilmu harus bekerja bersama-sama dan memperbaiki pendekatan-pendekatan kita untuk tidak hanya meningkatkan daya saing tapi juga daya keberlanjutan dari kegiatan kepariwisataan," kata Frans.

Untuk itu, Frans menegaskan bahwa saat ini jadi momentum yang baik untuk menyiapkan destinasi pariwisata ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement