Selasa 05 May 2020 22:52 WIB

32 Ribu Hektare Sawah di Sultra Panen Raya

Sawah yang akan panen raya itu terdapat di lima wilayah sentra produksi padi Sultra.

Panen raya petani di Sultra (ilustrasi)
Foto: Kementan
Panen raya petani di Sultra (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebutkan bahwa pada Mei 2020 terdapat 32 ribu hektare sawah yang akan melaksanakan panen raya. "Pada Mei ini, memang memasuki panen raya di Sultra, terdapat 32 ribu hektare yang siap panen," kata Plt. Kepala Distanak Sultra, Ari Sismanto, di Kendari, Selasa (5/5).

Dia mengatakan, sawah yang akan panen raya tersebut terdapat di Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Kolaka, dan Kabupaten Bombana. "Lima daerah itu memang selama ini menjadi sentra produksi padi di Sultra," katanya.

Baca Juga

Dia menyebut dengan panen raya tersebut maka akan memperkuat stok pangan beras di Sultra pada masa pandemi Covid-19 saat ini. "Harapan kita saat ini, bahwa beras hasil panen nantinya tidak dijual kepada pengusaha luar daerah Sultra, tetapi dibiarkan saja beredar untuk wilayah Sultra," katanya.

Untuk itu kata dia, maka pihaknya berkoordinasi dengan dinas terkait kabupaten kota untuk mengawasi penjualan beras agar tidak sampai di pasarkan ke luar daerah. Sementara di dalam daerah saat ini membutuhkan stok yang banyak.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement