Rabu 06 May 2020 01:33 WIB

Bupati Ciamis Minta Warga Aktifkan Ronda Jaga Kamtibmas

Ronda berfungsi meminimalisasi kejahatan.

Bupati Ciamis Minta Warga Aktifkan Ronda Jaga Kamtibmas
Foto: republika/debbie sutrisno
Bupati Ciamis Minta Warga Aktifkan Ronda Jaga Kamtibmas

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengimbau masyarakat mengaktifkan ronda untuk menjaga lingkungan dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di tengah wabah Covid-19.

"Diharapkan camat dan kepala desa mengaktifkan kembali pengamanan dengan ronda warga, jaga daerah masing-masing agar meminimalisasi kejadian yang tidak diinginkan," kata Herdiat melalui siaran pers Bagian Humas Pemkab Ciamis, Selasa (5/5).

Baca Juga

Ia menuturkan, Pemkab Ciamis bersama lembaga lainnya terus berupaya mengantisipasi penyebaran wabah termasuk dampak Covid-19. Herdiat juga mengajak masyarakat bisa menerima narapidana yang mendapatkan asimilasi dari Lembaga Pemasyarakatan Ciamis agar tidak lagi melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

"Kita harus tabah dan tawakal di dalam menghadapi musibah ini," katanya.

Wakil Bupati Ciamis Yana menambahkan, dalam kondisi darurat wabah Covid-19, semua elemen masyarakat termasuk para tokoh agama diminta menyosialisasikan pencegahan virus kepada umatnya. "Mari kita ajak para ulama dan agamawan sebagai garda depan menyosialisasikan kepada masyarakat terkait pentingnya hidup bersih untuk menghindari Covid-19," kata Yana.

Ia menyampaikan, pelaksanaan PSBB itu untuk membatasi kegiatan aktivitas sekolah, tempat kerja, tempat umum, pariwisata, kegiatan keagamaan agar tidak ada kerumunan orang yang dikhawatirkan menjadi cara penularan virus. Sedangkan kegiatan ekonomi, masih bisa berjalan melayani kebutuhan masyarakat dengan syarat masyarakat tidak berkerumun dan menjalankan protokol kesehatan seperti selalu menggunakan masker.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement