Rabu 06 May 2020 09:30 WIB

Cara Dapatkan Token Listrik Gratis PLN 6 Bulan Buat Pengusaha Kecil

Listrik gratis yang disubsidi pemerintah lewat PLN ditujukan bagi pelanggan tertentu.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati

Cermati.com, Jakarta -- Setelah golongan rumah tangga dapat listrik gratis dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), kini giliran pengusaha kecil yang menikmati subsidi tersebut. Ada dua kategori pelanggan yang akan memperoleh listrik gratis selama 6 bulan.

Sebagian besar sektor industri terkena dampak parah dari wabah virus corona. ‘Nafas’ perusahaan sudah megap-megap. Jangankan untuk membayar gaji dan THR karyawan, buat biaya operasional sehari-hari saja sudah nyaris melambaikan bendera putih.

Kondisi ini bukan cuma dirasakan perusahaan-perusahaan besar. Pengusaha kecil apalagi, semakin tergencet. Omzet turun drastis, tapi bayar cicilan utang, listrik, sampai gaji karyawan jalan terus. Mau sampai kapan bertahan?

Menyadari hal tersebut, pemerintah mengambil langkah cepat dengan menggratiskan tarif listrik bagi pelanggan golongan bisnis dan industri skala kecil. Seperti apa kebijakannya? Berikut ulasan Cermati.com dari berbagai sumber resmi.

Baca Juga:  PLN Dihitung dari Pemakaian 3 Bulan Terakhir" href="https://www.cermati.com/artikel/darurat-corona-bayar-listrik-pln-dihitung-dari-pemakaian-3-bulan-terakhir" target="_blank">Darurat Corona, Bayar Listrik PLN Dihitung dari Pemakaian 3 Bulan Terakhir

 

Listrik Gratis untuk Daya 450 Watt Selama 6 Bulan

 
 
 
View this post on Instagram

Hai Electrizen, Ada kabar gembira untuk Pelanggan Bisnis Kecil dan Industri Kecil karena akan mendapatkan Listrik Gratis selama 6 Bulan dari Pemerintah. . Presiden Joko Widodo memperluas program perlindungan rakyat yang terdampak akibat Pandemi COVID-19 dan mengupayakan pemulihan ekonomi, terutama di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah. . PLN telah siapkan mekanisme teknis penggratisan tagihan listrik bagi pelanggan Bisnis skala Kecil (B1) dan Industri skala Kecil (I1) yang memiliki sambungan daya 450VA, termasuk diantaranya 500ribu Pelanggan berbasis token. Proses tersebut akan memakan waktu sekitar 12 jam sampai seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan token gratis terdata. Nantinya token yang sudah tersedia langsung bisa digunakan. PLN pastikan bahwa pada hari Minggu, 3 Mei 2020, seluruh token sudah di-generate, sehingga program ini langsung dirasakan manfaatnya, sejalan dengan semangat berpihak dan peduli yang disampaikan Bapak Presiden. . . #StimulusCovid19 #TransformasiPLN #PLNAtasiCorona #ListrikGratis

A post shared by PLN (@pln_id) on

Listrik gratis yang disubsidi pemerintah melalui PLN ditujukan bagi pelanggan:

  • Bisnis skala kecil (B1) dengan daya 450 VA
  • Industri skala kecil (I1) dengan daya 450 VA

Jadi, kalau Anda memiliki usaha yang termasuk dua golongan di atas, baik pelanggan pascabayar maupun prabayar, maka berhak memperoleh pembebasan tarif listrik selama 6 bulan. Berlaku sejak Mei hingga Oktober 2020.  

“Dengan program listrik gratis 6 bulan ini, para pelaku bisnis skala kecil dapat tetap bertahan di masa pandemi Covid-19 ini,” kata Executive Vice President Communication dan CSR PLN, Made Suprateka, seperti dikutip dari laman Setkab, belum lama ini.

Cara Dapatkan Listrik Gratis

 
 
 
View this post on Instagram

Hai Electrizen, Jumat lalu Pemerintah telah memutuskan untuk membebaskan tarif listrik bagi pelanggan golongan bisnis skala kecil B1/450 VA dan industri kecil I1/450 VA. Kebijakan pemberian STIMULUS COVID-19 ini akan berlaku selama 6 bulan, terhitung mulai bulan Mei sampai Oktober 2020. . .Jadi, untuk pelanggan bisnis dan industri 450 VA PASCABAYAR, tidak perlu khawatir karena secara otomatis tagihan untuk pemakaian pada rekening bulan Mei sampai dengan Oktober adalah NOL RUPIAH. . .Nah, bagi pelanggan PRABAYAR yang menggunakan token listrik, token gratis tersebut langsung dapat diakses mulai besok, 3 Mei 2020, melalui web yakni www.pln.co.id maupun aplikasi Whatsapp ke nomor 08122-123-123 ya. . .Semoga dengan STIMULUS COVID-19 dari Pemerintah selama 6 bulan ini, para pelaku bisnis skala kecil ini dapat tetap bertahan di masa sulit seperti sekarang ini. #TransformasiPLN #StimulusCOVID19 #PLNAtasiCorona #ListrikGratis

A post shared by PLN (@pln_id) on

Untuk mendapatkan listrik gratis selama setengah tahun ini sangat mudah. Mekanismenya sama dengan kebijakan token listrik gratis untuk golongan rumah tangga bulan lalu.

  • Bagi pelanggan B1 dan I1 pascabayar, tagihan listrik di bulan Mei-Oktober otomatis langsung 0 rupiah
  • Bagi pelanggan B1 dan I1 prabayar, bisa mendapatkan token gratis sepanjang Mei-Oktober. Perhitungan besarannya menggunakan pemakaian bulanan tertinggi dari konsumsi listrik 3 bulan terakhir (Desember-Februari 2020).
  • Ada dua cara untuk mendapatkan token listrik gratis buat pelanggan B1 dan I1 450 VA prabayar, yakni:

1. Melalui website PLN

  • Buka situs https://portal.pln.co.id/
  • Klik menu “Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)”
  • Akan muncul kolom pencarian dan info pelanggan, serta keterangan
  • Di kolom pencarian, masukkan ID Pelanggan (IDPEL) atau Nomor Meter. Pilih salah satunya dan masukkan di kolom sebelahnya
  • Selanjutnya masukkan kode captcha
  • Klik “Cari”
  • Nantinya secara otomatis akan muncul di kolom info pelanggan, token gratis untuk dimasukkan ke meteran
  • Setelah itu, kuota listrik akan bertambah.

2. Melalui WhatsApp

  • Simpan nomor WhatsApp PLN 08122-123-123
  • Kirim pesan, contohnya nomor ID pelanggan ke nomor tersebut
  • Apabila datanya cocok sesuai kriteria penerima program listrik gratis, maka Anda bisa mendapatkan token yang dapat langsung diisi ke meteran.

“Mekanisme menggunakan WhatsApp perlu waktu beberapa hari, karena PLN harus memasukkan database penerima yang berhak ke dalam sistem sehingga tepat sasaran. Jumlah database pelanggan yang harus dimasukkan ke dalam sistem sekitar 500 ribu ID pelanggan,” jelas Made.

Baca Juga: Ekonomi Seret, Begini Cara Dapatkan Listrik Gratis/Diskon Bagi Pelanggan PLN Subsidi

Listrik 900 VA dan 1.300 VA Non-Subsidi Tak Naik

 
 
 
View this post on Instagram

Grafis: @kesdm @infogatrik Apakah Tarif Listrik Naik? Kami pastikan saat ini tidak ada kenaikan listrik, harga masih tetap sama dengan periode tiga bulan sebelumnya. Bahkan sejak tahun 2017 tarif listrik ini tidak pernah mengalami kenaikan. Adapun besaran tarif yang berlaku saat ini sebagai berikut: 1. Tarif untuk tegangan rendah sebesar Rp 1.467/kWh 2. Tarif untuk R-1/900 VA RTM sebesar Rp 1.352/kWh 3. Tarif untuk tegangan menengah sebesar Rp 1.115/kWh 4. Tarif untuk tegangan tinggi sebesar Rp 997/kWh . . Adanya peningkatan tagihan rekening listrik pada pelanggan rumah tangga lebih disebabkan oleh meningkatnya penggunaan masyarakat akibat adanya pandemi virus corona yang membuat masyarakat banyak melakukan aktifitas di rumah. . . Untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi COVID-19, PLN juga telah menjalankan keputusan Pemerintah untuk memberikan stimulus berupa pembebasan tagihan rekening listrik pelanggan rumah tangga daya 450VA, pelanggan bisnis dan industry kecil daya 450 VA. Serta potongan tagihan sebesar 50 persen untuk pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi. . . Sebagai upaya mencegah penyebaran wabah virus corona atau Covid-19, PLN juga telah menangguhkan sementara proses pencatatan dan pemeriksaan stand meter bagi pelanggan pasca bayar. Sebagai gantinya, untuk mulai rekening bulan Mei 2020, PLN telah menyiapkan layanan melalui WhatsApp terpusat bagi pelanggan yang ingin melaporkan angka stan dan foto kWh meter. . . Pelanggan pascabayar dapat mengirimkan angka stan kWh meter melalui layanan WhatsApp terpusat PLN dengan nomor 08122 123 123. Pelaporan angka stan meter dapat dilakukan oleh pelanggan sesuai tanggal pencatatan meter masing-masing pelanggan yang akan diinformasikan pada awal proses pelaporan mandiri melalui WhatsApp. . . Laporan dari pelanggan tersebut nantinya akan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik pelanggan setiap bulannya. Sementara, bagi pelanggan yang tidak melaporkan angka kWh meter, dasar perhitungan tagihan listrik akan menggunakan perhitungan rata-rata pemakaian listrik selama 3 bulan terakhir. #PLNatasiCorona #TransformasiPLN

A post shared by PLN (@pln_id) on

Ingat ya, yang mendapat tarif listrik gratis akibat pandemi corona adalah pelanggan rumah tangga 450 VA (April-Juni), serta bisnis dan industri kecil dengan daya setrum 450 VA (Mei-Oktober). Sedangkan 900 VA golongan rumah tangga subsidi memperoleh diskon 50% (April-Juni).

Bagi pelanggan rumah tangga 900 VA dan 1.300 VA non-subsidi ke atas belum bisa menikmati pembebasan listrik. Akan tetapi, PLN menjamin tarifnya tidak naik. Hal ini sekaligus menjawab heboh tagihan listrik sejumlah pelanggan yang melonjak.

Untuk 900 VA, dikenakan tarif Rp1.352 per kWh dan 1.300 VA ke atas sebesar Rp1.467 per kWh. Jadi, tetap bayar listrik tepat waktu ya, sebelum tanggal 20 kalau tidak mau listriknya diputus sementara PLN.

Saat anjuran di rumah aja dan phsyical distancing, bayar tagihan listrik bisa lewat online. Salah satunya melalui marketplace produk keuangan, Cermati.com. Caranya:

1. Via Website Cermati.com  

  • Buka website https://www.cermati.com/
  • Di halaman depan, klik “Listrik PLN” di menu Top-up & Tagihan
  • Pilih menu Tagihan untuk pelanggan paska bayar
  • Masukkan nomor meteran atau ID Pelanggan
  • Klik “Lanjutkan”
  • Masukkan kode OTP (kode verifikasi) yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel Anda
  • Klik “Kirim”
  • Pastikan informasi nama pemilik ID, nomor meter atau ID pelanggan, dan jumlah tagihan yang tertera sudah sesuai
  • Klik “Beli Sekarang”
  • Masukkan kode promo (bila ada)
  • Verifikasi potongan dari kode promo di halaman checkout (bila ada)
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan
  • Lakukan proses pembayaran dan lakukan verifikasi transaksi pembayaran.

Cermati

Cara bayar tagihan listrik PLN melalui website Cermati.com

2. Melalui Aplikasi Cermati.com

  • Unduh aplikasi Cermati di Google Play Store
  • Pilih menu Top-up & Tagihan
  • Pilih menu Cek Tagihan Listrik
  • Pilih Tagihan pada menu listrik PLN
  • Masukkan nomor meteran atau ID Pelanggan
  • Pastikan informasi nama pemilik ID, nomor meter atau ID pelanggan, dan jumlah tagihan yang tertera sudah sesuai
  • Klik “Beli Sekarang”
  • Masukkan kode promo (bila ada)
  • Verifikasi potongan dari kode promo di halaman checkout (bila ada)
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan
  • Lakukan proses pembayaran dan lakukan verifikasi transaksi pembayaran.

Tetap Semangat Berbisnis di Tengah Badai Covid-19

Namanya bisnis pasti ada pasang surut. Saat ini ujian berat menerpa para pengusaha. Tetap bertahan atau menutup sementara, itu adalah pilihan. Pengusaha sejati adalah mereka yang dapat menghadapi setiap rintangan, mencari solusi, hingga akhirnya berhasil melewati badai besar tersebut. Tetap semangat wahai pengusaha, jangan mudah menyerah pada keadaan.

Baca Juga: Cara Pembayaran Listrik Online

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement