Selasa 05 May 2020 12:07 WIB

Penjualan Ponsel 5G Tetep Tangguh Saat Pandemi

Ponsel 5G berkontribusi 7 persen dari penjualan smartphone global.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
5G
Foto: Pixabay
5G

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Untuk pertama kalinya sejak awal 2014, pembuat ponsel pintar mengirim kurang dari 300 juta unit dalam satu kuartal. Ini adalah penurunan tajam 13 persen dibandingkan dengan pengiriman kuartal tahun lalu.

Para analis di Counterpoint Research mencatat China terpukul keras dalam hal ponsel pintar (turun 27 persen YoY) dan komponen ponsel. Hal ini dapat menyebabkan beberapa pembuat melakukan diversifikasi rantai pasokan mereka, menggeser bagian yang lebih besar ke India dan Vietnam.

Baca Juga

Analis memperkirakan perubahan perilaku konsumen, bahkan setelah karantina wilayah diangkat (yang akan dilakukan secara bertahap), orang akan lebih suka perangkat yang lebih terjangkau dibeli secara daring.

Seperti yang dilansir dari GSM Arena, Selasa (5/5), ponsel 5G terbukti cukup tangguh terhadap krisis ini. Ponsel 5G berkontribusi delapan persen dari semua ponsel pintar yang dikirim pada kuartal pertama tahun ini. Jumlah ini naik dari satu persen selama tiga bulan terakhir di 2019.

Realme menunjukkan pertumbuhan besar-besaran (157 persen dibandingkan tahun lalu), tetapi mereknya masih sangat muda. Pemain stabil stabil Xiaomi adalah satu-satunya merek lain yang tumbuh (sebesar tujuh persen). Ini karena karantina wilayah India datang relatif terlambat dan itu adalah pasar utama untuk kedua merek.

Para analis percaya segmen premium akan paling tidak terpengaruh, sementara pengiriman ponsel entry-level di pasar negara berkembang akan menurun. Karena target audiens mereka menghadapi krisis keuangan. Ponsel kelas menengah akan menjadi pendorong volume pengiriman naik, sama seperti sebelumnya.

Samsung tetap menjadi pembuat ponsel pintar terbesar di dunia, tetapi pengiriman kuartal pertamanya mengalami penurunan 18 persen YoY. Counterpoint memperkirakan penurunan kuartal kedua akan lebih buruk.

Huawei menikmati kinerja yang kuat di China, tetapi masih turun 17 persen YoY. Karena negara ini akan menjadi yang pertama pulih, merek dengan kehadiran besar di sana (seperti Huawei) juga akan pulih dengan cepat. Jenama dengan sedikit pangsa pasar di China harus menunggu di pasar utama mereka untuk pulih.

Apple hanya melihat penurunan lima persen dalam pengiriman iPhone dan penurunan tujuh persen dalam pendapatan iPhone. Hal ini menunjukkan perubahan ringan menuju model yang lebih terjangkau.

Xiaomi naik tujuh persen berkat pertumbuhan di India. Xiaomi adalah merek terkemuka dengan pangsa pasar 30 persen. Kemudian ada HMD dan ponsel Nokianya. Sebagian besar volume terdiri dari fitur ponsel, tetapi turun 34 persen dibandingkan dengan kuartal pertama  tahun lalu dengan total 8,6 juta dikirimkan.

Ponsel pintar Nokia tidak melakukan hal yang lebih baik, menunjukkan penurunan yang stabil sejak kuartal kedua 2019. Dalam tiga bulan pertama 2020, HMD hanya mengirimkan 1,7 juta ponsel pintar Nokia, penurunan 45 persen yang tajam dibandingkan dengan kuartal pertama tahun lalu.

Sementara vendor lain dapat menunjukkan pandemi COVID-19 sebagai alasan penurunan kuartal pertama, situasi dengan HMD jelas melibatkan faktor-faktor lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement