Senin 04 May 2020 22:22 WIB

Akhiri Kontrak Bersama Besiktas, Karius Kembali ke Liverpool

Karius masih memiliki kontrak di Liverpool hingga 2022 mendatang.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Loris Karius
Foto: EPA/Peter Powell
Loris Karius

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Penjaga gawang asal Jerman, Loris Karius, memutuskan untuk mengakhiri kontraknya bersama tim asal Turki, Besiktas. Dalam dua musim terakhir, penjaga gawang Liverpool itu memang melakoni masa peminjaman di Besiktas.

Keputusan Karius untuk mengakhiri kontraknya dengan Besiktas itu tidak terlepas dari konflik antara dirinya dengan manajemen klub. Pada Maret 2019, penjaga gawang berusia 26 tahun itu sempat melaporkan Besiktas ke Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) lantaran dianggap lalai dengan tidak membayar gajinya selama empat bulan.

Sempat berhasil diselesaikan tanpa intervensi FIFA, Karius kembali mengajukan protes pada bulan lalu dengan alasan yang sama. Kini, Karius akhirnya memutuskan untuk menyudahi kontraknya bersama Besiktas di ujung musim keduanya membela klub yang bermarkas di Istanbul tersebut.

''Saya memutuskan mengakhiri kontrak bersama Besiktas. Sangat memalukan, kiprah saya di sini berakhir seperti ini. Namun, saya sudah berusaha menyelesaikan masalah ini dengan pihak klub, tapi mereka tidak juga memberikan solusi,'' tulis Karius di akun Instagram miliknya, seperti dikutip Reuters, Senin (4/5).

Dengan keputusan ini, Karius akan kembali ke klub asalnya, Liverpool. Di The Reds, mantan penjaga gawang Mainz itu masih memiliki kontrak hingga 2022 mendatang. Laga terakhir Karius bersama Liverpool adalah saat ia melakukan blunder fatal di partai puncak Liga Champions musim 2017/2018. Pada saat itu, blunder Karius menyebabkan Madrid sukses mencetak dua gol. Liverpool pun akhirnya menyerah 1-3 di tangan Los Blancos.

Pada awal musim 2018/2019, Liverpool akhirnya mendatangkan Alisson dari AS Roma. Imbasnya, Karius tergusur dari tim utama Liverpool dan akhirnya dipinjamkan ke Besiktas. Dengan kehadiran Karius, Liverpool tentu mengalami surplus di pos penjaga gawang. Liverpool dikabarkan siap melepas Karius pada bursa transfer mendatang.

Selain untuk mengatasi surplus pemain di posisi kiper, melepas Karius juga membuat Liverpool tidak perlu membayar gaji Karius. Sejumlah klub, termasuk Wolves dan West Ham, dikabarkan siap menampung Karius. Eks kiper Stuttgart itu disiapkan sebagai pelapis Rui Patricio di Wolves dan Lukas Fabianski di skuat the Hammers.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement