Senin 04 May 2020 15:24 WIB

Rekan Ferdian Paleka Serahkan Diri Diantar Keluarga

Ferdian Paleka dan rekannya bisa dijerat pasal 45 UU ITE.

Tangkapan layar akun Youtube Ferdian Paleka. Seorang rekan Ferdian, TF, sudah menyerahkan diri ke kepolisian.
Foto: ist
Tangkapan layar akun Youtube Ferdian Paleka. Seorang rekan Ferdian, TF, sudah menyerahkan diri ke kepolisian.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri mengatakan pihaknya sudah mengamankan satu pemuda teman Youtuber Ferdian Paleka. Pemuda berinisial TF itu menyerahkan diri diantar keluarganya.

Youtuber Ferdian Paleka hingga kini masih diburu polisi karena aksi prank candaannya memberi bantuan sosial atau paket sembako namun berisi sampah.

Baca Juga

TF yang juga berada dalam video bersama Ferdian menyerahkan diri ke Polrestabes Bandung diantar bersama keluarganya. AKBP Galih mengatakan, kini pemuda itu tengah diperiksa untuk penyelidikan.

"Satu sudah diamankan, kita berupaya (mengamankan) pelaku lainnya inisialnya T," kata Galih, di Polrestabes Bandung, Senin (4/5).

Menurut Galih, pihaknya memang tengah melakukan penyelidikan sejak ramainya video itu diperbincangkan, terlepas dari adanya laporan korban. Peristiwa itu, kata Galih, terjadi di kawasan Kiaracondong, Kota Bandung.

Pihak Satreskrim Polrestabes Bandung bersama Polsek Kiaracondong juga telah mencoba untuk menelusuri keberadaan pelaku ke kediamannya yang berada di Kabupaten Bandung. Namun, kata Galih, pelaku tidak ada di rumahnya.

"Memang yang bersangkutan tidak ada di situ, jadi kita tetap berupaya paksa untuk kooperatif menyerahkan diri," kata Galih.

Selain itu, Galih memastikan pengejaran itu dilakukan kepada setiap orang yang terlibat dalam video itu selain Ferdian dan rekannya, TF. Menurutnya, mereka dapat dijerat dengan Pasal 45 ayat 3 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) tentang penghinaan atau pencemaran nama baik.

"Kita dalami lah, apakah itu memang ada timnya atau tidak. Yang pasti dia ada di video itu," katanya.

Sebelumnya, sejumlah korban yang diketahui merupakan waria itu mendatangi Kantor Satreskrim Polrestabes Bandung pada Senin dini hari. Mereka mengaku tak terima atas perbuatan Ferdian yang menjadikan lelucon prank bantuan berisikan sampah.

Menurut salah seorang pelapor, Sani (39), aksi Ferdian itu dilakukan pada Kamis (30/4) lalu. Saat itu, dia bersama dengan rekan-rekan waria lainnya tengah berada di Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung.

Kemudian Ferdian bersama teman-temannya datang sambil menawarkan bantuan kepada para waria itu. Lalu, kata Sani, dirinya bersama rekan-rekannya menerima bantuan berbentuk kardus itu.

"Terus saya nyamperin dan dia kasih bingkisan, kemudian saya bawa, ini teman saya dikasih satu. Dia pergi dan saya buka tiba-tiba itu tauge busuk," kata Sani.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement