Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Jubir Bantah Ada Pembagian Tugas Spesifik Wapres saat Corona

Senin 04 May 2020 15:03 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Teguh Firmansyah

Juru Bicara Wakil Presiden Maruf Amin, Masduki Baidlowi.

Juru Bicara Wakil Presiden Maruf Amin, Masduki Baidlowi.

Foto: Republika/Fauziah Mursid
Jubir tegaskan Wapres Maruf selama ini selalui ikut bantu presiden saat masa Covid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jubir wakil presiden, Masduki Baidlowi membantah adanya pembagian tugas secara spesifik dalam penanganan pandemi Covid-19 antara Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Masduki menegaskan, Wapres Ma'ruf selama ini selalu ikut membantu Presiden Jokowi dalam penanganan Covid-19.

"Saya ingin meluruskan kemarin diberitakan seakan akan ada pembagian tugas antara presiden dan wakil presiden secara spesifik dalam konteks Corona, yang ada hanya, secara umum apa yang dikerjakan oleh presiden itu dibantu oleh wapres," ujar Masduki saat dihubungi, Senin (4/5).

Masduki menerangkan, Wapres Ma'ruf memang tidak banyak muncul di publik untuk penanganan Covid-19 secara langsung. Namun demikian, koordinasi dilakukan Wapres kepada jajaran menteri untuk memastikan intruksi Presiden Jokowi terlaksana dengan baik.

"Artinya koordinasi dilakukan wapres selama ini lebih banyak di bawah permukaan tetapi secara maksimal tetap dilakukan, rapat tetap jalan, apa yang ditangani presiden ditangani oleh wapres juga, koordinasi dilakukan juga oleh wapres untuk menyempurnakan tugas tugas di lapangan, tak ada pembagian yang spesifik," ujarnya.

Sebelumnya, Staf Khusus Wakil Presiden Ikhsan Abdullah mengungkapkan Presiden Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin telah melakukan pembagian tugas selama pandemi Covid-19. Ikhsan menjelaskan ini guna menampik keraguan banyak pihak terkait kontribusi Wapres Ma'ruf saat ini.

Ia menjelaskan, Jokowi bertugas dalam mengurusi persoalan regulasi dan logistik. Sedangkan, KH Ma'ruf Amin fokus menata kehidupan beragama di tengah pandemi.

Baca Juga

"Pak Wapres ini lebih fokus kepada bagaimana menata kehidupan beragama semasa Covid ini berlangsung," ujar Ikhsan dalam sebuah diskusi daring, Sabtu (2/5).

Namun, ia menyebut Wapres Ma'ruf Amin juga melakukan koordinasi dan monitoring pelaksanaan penanganan virus corona yang dilakukan oleh para kepala daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Khususnya, daerah-daerah yang berstatus zona merah.

Penyaluran bantuan juga menjadi fokus KH Ma'ruf Amin selama pandemi Covid-19. Serta, melakukan evaluasi terkait implementasinya selama penerapan kebijakan tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA